Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Jokowi Kenakan Topi "Snap Cap" Saat Blusukan ke Sawah

Kompas.com - 27/09/2015, 16:59 WIB
Sabrina Asril

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com — Ada yang unik dari penampilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan blusukan ke Karawang, Jawa Barat, Minggu (27/9/2015) pagi hingga sore hari ini. Sebuah topi merah berlogo "+62" tampak sangat mencolok lantaran model seperti itu biasa dikenakan anak muda masa kini.

Topi model itu biasa disebut "snap cap", yang pada mulanya digunakan oleh para pemain bisbol. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, topi model seperti itu kemudian sering digunakan oleh para penyanyi bergenre rap.

Di Indonesia, topi jenis snap cap kembali menjadi tren. Tren itu ternyata tak hanya menjangkiti anak muda, tetapi juga orang nomor satu negeri ini. Pada acara blusukan ke areal persawahan di Karawang, beberapa pejabat tampak mengenakan topi untuk melindungi wajah dari sinar matahari yang cukup terik hari ini. Namun, hanya Jokowi yang mengenakan topi model snap cap.

Setelah ditelusuri, "+62" ternyata adalah sebuah gerakan mempromosikan Indonesia yang digagas oleh rapper JFlow. JFlow mengenakan topi itu dalam klip video "Rise and Fall" yang dibuat bersama grup band Kotak.

Ketika itu, JFlow hendak memperkenalkan asal negaranya dalam klip video yang dipakai oleh produk Achilles untuk mempromosikan klub Manchester United. Logo +62 diambil berdasarkan kode internasional sambungan komunikasi untuk Indonesia.

Gerakan ini pun kemudian diteruskan oleh para seniman lainnya, seperti Pandji, Saykoji, Irgi Fahrezi, dan Lukman Sardi. Sejumlah foto mereka mengenakan topi snap cap ini diunggah di akun Twitter @plus62nation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com