Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: DPR, Parpol dan Polri, Tingkat Kepuasan Publiknya Paling Rendah

Kompas.com - 19/05/2015, 19:07 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait evaluasi publik mengenai kinerja institusi demokrasi. Melalui survei tersebut, diketahui bahwa DPR, partai politik dan Polri, adalah tiga institusi yang mendapat tingkat kepuasan publik paling rendah.

Dari data survei terhadap kinerja DPR, hanya sebanyak 23,8 persen responden menyatakan puas. Sedangkan, 66, 5 persen menyatakan tidak puas. Selain itu, sebanyak 9,7 persen menyatakan tidak tahu.

Kemudian, berdasarkan kinerja partai politik, sebanyak 63,5 persen responden menyatakan tidak puas. Hanya sebanyak 23,1 persen yang menyatakan puas. Ada pun 12,5 persen responden menyatakan tidak tahu.

Selanjutnya, berdasarkan kinerja Institusi Polri, sebanyak 55,9 persen menyatakan tidak puas. Hanya 35,9 persen responden yang menyatakan puas. Sebanyak 8,2 persen lainnya menyatakan tidak tahu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, salah satu sumber masalah parpol adalah pendanaan partai. Sumbernya bisa didapat dari proses rekrutmen untuk menempatkan calon-calon pemimpin ke jabatan strategis yang sering diwarnai money politic.

"Dalam tradisi demokrasi yang belum matang oleh rakyat, muncul ekses negatif terhadap partai politik. Ini momentum bagi partai untuk melakukan evaluasi,"kata Hasto saat ditemui di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Survei yang dilakukan pada periode 23-31 Maret 2015, melibatkan 1.200 responden yang merupakan warga negara Indonesia, yang berusia minimal 17 tahun dan bukan anggota TNI/Polri. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara responden secara tatap muka menggunakan kuesioner.

Setiap pewawancara terlatih, bertugas mewawancarai 10 responden untuk satu desa atau kelurahan. Wawancara dikontrol secara sistematis oleh supervisor pusat dan koordinator wilayah dengan melakukan cek ulang di lapangan sekitar 20 persen dari total data masuk. Ada pun margin of error dalam survei ini sebesar lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com