Jumat, 18 April 2014

News / Nasional

Kompolnas Akan Panggil Calon Kapolri

Senin, 22 April 2013 | 16:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berencana memanggil satu per satu para calon kepala Kepolisian RI pada bulan Mei 2013. Pemanggilan itu dilakukan untuk mengumpulkan dan mengonfirmasi rekam jejak calon kapolri yang saat ini tengah ditelusuri Kompolnas.

"Nanti bulan Mei semua calon-calon itu akan kita panggil satu-satu. Kita akan izin kepada Kapolri," kata anggota Kompolnas Edi Saputra Hasibuan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Senin (22/4/2013).

Kompolnas saat ini tengah menyusun nama-nama calon kapolri pengganti Jenderal (Pol) Timur Pradopo. Selain itu, mereka juga menelusuri rekam jejak calon kapolri dan meminta bantuan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK). Edi menerangkan, ada delapan sampai sembilan nama calon kapolri yang akan diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Edi berharap Kapolri memberikan izin rencana pemanggilan tersebut. "Pemanggilan itu dilakukan sebelum nama-nama dan rekam jejaknya kita kasih Presiden," terangnya.

Untuk diketahui, Presiden berencana mengganti Kapolri Jenderal Timur Pradopo pada Agustus atau September 2013. Rencana pergantian Kapolri itu lebih cepat dari masa pensiun Timur, yakni Januari 2014 mendatang. Namun, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, hal itu tidak terkait kinerja Timur, melainkan untuk persiapan matang pada Pemilu 2014.

Mereka yang berpotensi menjadi calon kapolri ialah masih memiliki masa tugas lebih dari dua tahun dan pernah menjabat sebagai kepala kepolisian daerah. Saat ini, ada sejumlah jenderal bintang tiga atau pangkat komjen yang jauh dari masa pensiun atau memasuki usia 58 tahun. Mereka, antara lain, Kabareskrim Polri Komjen Sutarman, Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan, dan Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Anang Iskandar.

Sementara itu, jenderal bintang dua yang namanya sempat disebut menjadi calon kapolri ialah Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno, yang saat ini menjabat Kepala Polda Metro Jaya.


Penulis: Dian Maharani
Editor : Hindra