Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P: Ada Upaya Tutupi Kasus Korupsi Lain

Kompas.com - 26/07/2012, 17:34 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menilai ada upaya dari pihak tertentu untuk menutup berbagai kasus korupsi yang tengah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus yang menyeret kader PDI-P, Emir Moeis.

"Untuk tutupi kasus besar seperti Hambalang, Wisma Atlet, dimunculkanlah kasus ini. Kami melihat itu," kata Ketua DPP PDI-P Trimedya Panjaitan di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (26/7/2012).

Hal itu dikatakan Trimedya menyikapi pemberitaan yang menyebut Emir telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tarahan, Lampung, tahun 2004.

Namun, penetapan tersangka itu diungkap oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana atas dasar permohonan pencegahan Emir ke luar negeri dari KPK. Sebaliknya, pihak KPK belum mau mengungkap status hukum Emir.

Trimedya menilai tidak etis Denny mengungkapkan status hukum seseorang lantaran bukan kewenangannya. Pihaknya berharap pimpinan KPK menegur keras Denny karena otoritas KPK diambil alih.

Lantaran status hukum Emir masih simpang siur, Trimedya mengatakan, pihaknya masih menunggu pernyataan resmi KPK untuk mengambil langkah selanjutnya. Menurut dia, pihaknya hingga saat ini masih berpegang pada keterangan Emir bahwa tidak terlibat dalam kasus itu.

"Kalau ada tuduhan menerima suap atau gratifikasi, dia (Emir) agak heran melihatnya. Memang nama-nama yang disebutkan (terlibat) dia kenal, tapi sepanjang ini tidak pernah ada hubungan bisnis dengan orang-orang itu," pungkas anggota Komisi III DPR itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com