Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari Rapat Penting di Bogor

Kompas.com - 21/02/2011, 15:17 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Selama dua hari, Senin (21/2/2011) hingga Selasa (22/2/2011), jajaran lengkap pemerintah pusat dan daerah berkumpul untuk rapat di Istana Bogor, Jawa Barat. Saat menyampaikan pidato pengantar, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menekankan betapa penting rapat dua hari tersebut bagi rakyat Indonesia. "Jangan sia-siakan kesempatan bersejarah demi rakyat kita," ujar Presiden dengan serius.

Pada Senin (21/2), rapat yang diikuti jajaran menteri, staf khusus Presiden, anggota komite nasional, gubernur, dan sebagainya itu menyusun rencana induk (master plan) Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (P3EI). Lantas pada hari kedua, rapat akan membahas Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan (P3K).

Berbeda dengan perencanaan pembangunan lainnya yang pernah disusun, menurut Presiden, P3EI bersifat konkret. Target-target seperti berapa lapangan pekerjaan yang mesti terpenuhi harus tertulis dengan jelas. Demikian pula siapa melakukan apa.

Kekhasan lain P3EI, menurut Presiden, sebagian besar pembiayaannya diperoleh dari investasi swasta. Dengan P3EI, pembangunan ekonomi Indonesia diharapkan bisa lebih diperluas dan dipercepat. Sejumlah rencana pembangunan jangka pendek atau menengah yang telah disusun rupanya dirasakan tidak cukup memadai untuk mendorong ekonomi Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com