Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketum PPP Berharap UKP Pancasila Ciptakan Kerukunan di Masyarakat

Kompas.com - 07/06/2017, 15:29 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy mengapresiasi langkah Jokowi membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP).

Pria yang akrab disapa Romy ini, menilai, keberadaan UKP-PIP ini sangat diperlukan untuk merespons kondisi masyarakat yang seringkali saling hujat dan menjelek-jelekkan.

"Banyak yang saling menjelekkan, menghujat, membiaskan dan mereproduksi informasi palsu yang sudah menjadi-jadi belakangan ini, menunjukkan Pancasila tidak lagi dipraktikkan dalam tata hubungan antar anak-anak bangsa," kata Romy, seusai menghadiri pelantikan Kepala dan Dewan Pengarah UKP-PIP di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Ia berharap, keberadaan UKP-PIP membuat nilai-nilai Pancasila semakin hidup di masyarakat.

Lembaga ini juga diharapkan menjadi solusi mengatasi ketegangan silang pandangan yang belakangan terjadi sehingga tercipta kerukunan antar-warga.

"Ketegangan pandangan yang dipelihara bahkan terus dinaikkan tensinya ini, menunjukkan keberadaan Pancasila sebagai ideologi yang hidup perlu direaktualisasikan menjadi ideologi kerja," kata dia.

Romy juga mengapresiasi dipilihnya tokoh-tokoh yang dianggapnya kompeten sebagai anggota UKP-PIP sehingga pelaksanaan pengamalan Pancasila di masyarakat tidak akan melenceng.

"Unit ini berisi begawan-begawan dan guru bangsa sebagai pengarah untuk memastikan penerjemahan Pancasila sebagai ideologi kerja tidak melenceng dari maksud pencetus-pencetusnya," kata Romy.

Kompas TV Jokowi: Kalau PKI Ada, Saya Gebuk Detik Itu Juga
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com