Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Ketua KPK Ungkap Rahasia Sukses Institusinya

Kompas.com - 14/11/2013, 17:23 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
— Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja mengungkapkan rahasia lembaga antikorupsi dalam menangkap berbagai koruptor kelas kakap itu. Menurut Adnan, kesuksesan tersebut dapat diraih karena KPK selalu menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi.

Adnan menambahkan, keempat hal tersebut adalah hal yang sangat penting bagi sebuah lembaga pemberantasan korupsi yang independen dan bebas dari kepentingan, seperti KPK.

"Oleh karenanya, dalam merekrut pegawai baru, kita selalu menguji keempat nilai tersebut dalam diri mereka, terutama integritasnya," ujar Adnan dalam seminar bertajuk "Membangun Pemimpin Polri yang Berkarakter guna Terciptanya Kepercayaan Masyarakat dalam Rangka Terwujudnya Kamtibmas yang Kondusif Menjelang 2014" di Sespimma Polri, Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Menurut Adnan, KPK pernah melakukan rekrutmen dalam skala besar dengan jumlah peserta hingga ratusan orang. Namun, yang lulus dalam rekrutmen tersebut hanya satu orang. Hal tersebut, menurutnya, dapat terjadi karena rekrutmen yang begitu ketat. KPK, lanjutnya, tidak hanya menguji kemampuan, tetapi juga nilai-nilai yang ada dalam peserta tes.

"Pertama kita adakan tes tertulis dan wawancara, lalu kemudian kita cari tahu informasi ke teman kuliahnya, teman sekolahnya, hasilnya kita coret-coret semua nama-nama pesertanya," ujar dia.

Adnan pun berharap, cara rekrutmen seperti itu bisa digunakan oleh lembaga-lembaga negara lain dalam merekrut pegawai-pegawainya. Dengan begitu, akan tertanam nilai-nilai integritas, akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi di setiap lembaga sehingga akhirnya setiap lembaga negara menjadi bersih dan terbebas dari praktik-praktik korupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com