Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SOROT POLITIK

Mahfuz Sidik: 100 Persen Caleg DPR RI dari Partai Gelora Telah Sampaikan LADK

Kompas.com - 10/02/2024, 17:56 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Mahfuz Sidik mengatakan, seluruh calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Partai Gelora telah menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) pada 12 Januari 2024.

Adapun total caleg DPR RI Partai Gelora yang menyampaikan LADK berjumlah 396 caleg.

“Sudah 100 persen caleg Partai Gelora Indonesia yang menyampaikan LADK lewat aplikasi SIKADEKA,” ucap Mahfuz dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (10/2/2024).

Partai Gelora, kata Mahfuz, juga telah memanfaatkan masa perbaikan LADK sesuai Undang-Undang (UU) Pemilihan Umum (Pemilu) dan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Mahfuz, penyampaian laporan itu sempat tertunda untuk sebagian caleg pada tenggat waktu pertama, yakni 7 Januari 2024, karena alasan teknis.

Baca juga: Dibutuhkan Sosok Pemimpin untuk Atasi Tantangan Global, Anis Matta: Prabowo Paling Tepat Pimpin Indonesia

Namun, LADK akhirnya dapat diselesaikan pada masa perbaikan yang diberikan oleh KPU, yakni pada 8-12 Januari 2024.

Penanggung Jawab LADK Partai Gelora Edy Kuncoro menambahkan, saat batas akhir penyampaian LADK, masih ada 110 caleg DPR yang belum menyelesaikan pelaporan karena berbagai sebab.

“Alhamdulillah, Partai Gelora sudah menyelesaiikan laporan awal yang diminta KPU. Sekarang tinggal melanjutkan proses berikutnya,” kata Edy Kuncoro.

Untuk diketahui, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Idham Holik pada Kamis (11/1/2024) mengatakan, KPU memberi kesempatan kepada partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 untuk menyerahkan perbaikan LADK hingga 12 Januari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com