Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPP Golkar "Kepleset" Sebut Wamendag Jerry Sambuaga Jadi Menpora

Kompas.com - 01/04/2023, 14:17 WIB
Singgih Wiryono,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Golkar Dave Laksono 'kepleset' menyebut Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga sebagai pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang mundur setelah menjabat Wakil Ketua PSSI.

Hal itu disampaikan Dave saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Besar (Mubes) Gerakan Advokasi dan Hukum Kosgoro 1957 di Merlyn Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (1/4/2023).

"Di sini juga ada Pak Menpora kita, bukan Menpora mohon maaf, Pak Wamendag," ujar Dave dalam sambutannya.

Baca juga: Jokowi: Menpora dan Kepala BNPT Dilantik Minggu Depan

Dia mengatakan, ucapannya bisa berarti dua hal, yaitu tidak sengaja, serta bentuk sebuah harapan atau memang sebagai bocoran rekomendasi.

"Insya Allah ya, enggak tahu kepleset atau sengaja ya, katanya keluarnya begitu. Kita turut mendoakan kira-kira turut tercapai impiannya," imbuh dia.

Ditemui setelah sambutan, Dave mengaku hal tersebut hanya kebetulan saja. Dia tidak memastikan bahwa ucapannya tersebut bisa benar-benar terjadi.

"Enggak tahu deh, mungkin kali ya," imbuh dia.

Menurut Ketua PPK Gakum Kosgoro 1957 ini, siapa pun yang terpilih menjadi Menpora nantinya adalah yang terbaik menurut presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya pertegas kembali bahwa siapa pun yang terpilih adalah yang terbaik dan itu adalah pilihan presiden Jokowi," imbuh dia.

Diketahui, pada 15 Maret 2023, Jokowi resmi menunjuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sebagai Plt Menpora.

Baca juga: Jokowi Sebut Menpora Pengganti Zainudin Amali Sosok Muda

Penunjukan itu dilakukan untuk menggantikan posisi politikus Golkar Zainudin Amali yang mengundurkan diri karena ingin fokus menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua PSSI. Adapun Amali resmi mengundurkan diri pada Kamis (9/3/2023).

Pada Jumat (24/3/2023), Ketua Umum Golkar merangkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Jokowi sudah mengantongi nama pengganti definitif Zainudin Amali.

"Sudah ada di kantong beliau," tutur Airlangga.

Presiden Joko Widodo akan melantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali pada pekan depan.

Hal itu dia sampaikannya menjawab keterangan wartawan usai meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

"(Menpora dilantik) Minggu depan," ujar Jokowi dilansir dari keterangan resmi. 

Namun demikian, Presiden tidak mengungkapkan kandidat Menpora yang akan dilantiknya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com