Kompas.com - 29/09/2022, 00:00 WIB
|

KOMPAS.com - Tanggal 30 September 2022 jatuh pada hari Jumat. Pada hari ini terdapat Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 30 September 2022.

Baca juga: Monumen Kresek, Sejarah Pemberontakan PKI Madiun 1948

Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI

Setiap tanggal 30 September di Indonesia setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Peringatan G30S/PKI.

G30S/PKI atau Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia merupakan peristiwa yang menorehkan sejarah kelam bagi masyarakat Indonesia.

Pada 30 September 1965, terjadi pemberontakan yang dilakukan PKI dengan menculik dan membunuh tujuh perwira TNI Angkatan Darat.

Mereka yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut adalah Letjen Ahmad Yani, Mayjen Raden Soeprapto, Mayjen Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen Siswondo Parman, Brigjen Donald Isaac Panjaitan, Brigjen Sutoyo Siswodiharjo, Lettu Pierre Andreas Tendean.

Ketujuhnya kemudian dianugerahi gelar pahlawan revolusi dan pahlawan nasional, serta mendapatkan kenaikan pangkat anumerta.

Saat ini, terdapat berbagai cara yang dilakukan masyarakat untuk memperingati peristiwa tersebut. Mulai dari memutar film G30S/PKI atau sekedar mengingat perjuangan para pahlawan yang gugur.

Baca juga: Sejarah Peristiwa G30S yang Melibatkan PKI dan Pasukan Cakrabirawa

Hari Penerjemahan Internasional

Hari Penerjemahan Internasional dirayakan setiap tanggal 30 September.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyatakan 30 September sebagai Hari Penerjemahan Internasional pada tahun 2017. Sejak saat itu, peringatan ini telah dirayakan setiap tahun.

Hari Penerjemahan Internasional merupakan bentuk penghormatan bagi para penerjemah yang berperan penting dalam menyatukan bangsa, memfasilitasi dialog, serta memperkuat perdamaian dan keamanan dunia.

Para penerjemah ikut berperan dalam menghapus perbedaan dengan meruntuhkan hambatan bahasa.

Bagi umat Katolik, hari ini juga menjadi Hari Pesta Santo Jerome, seorang penerjemah Alkitab yang dianggap sebagai santo pelindung para penerjemah.

Jerome adalah seorang imam dari Italia Timur Laut yang dikenal karena menerjemahkan Alkitab dari bahasa Yunani dan Ibrani ke bahasa Latin. Jerome meninggal di dekat Betlehem pada tanggal 30 September 420.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.