Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Biden Bilang Pandemi Berakhir, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Waspada dan Hati-hati

Kompas.com - 20/09/2022, 14:11 WIB
Ardito Ramadhan,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk tetap bersikap hati-hati dan mewaspadai Covid-19 meski Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut pandemi telah berakhir.

Menurut Jokowi, keputusan untuk menghakhiri pandemi tidak boleh dilakukan tergesa-gesa dan harus tetap mengutamakan kehati-hatian.

"Kalau untuk Indonesia, saya kira kita harus hati-hati, tetap harus waspada tidak usah harus tergesa-gesa, tidak usah harus segera menyatakan bahwa pandemi itu sudah selesai, saya kira hati-hati," kata Jokowi di Bekasi, Selasa (20/9/2022), dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Mahfud Bongkar Kejanggalan Klaim Transfer Dana Rp 1 Miliar untuk Lukas Enembe Lockdown Covid-19

Jokowi mengatakan, sikap hati-hati itu tetap diperlukan karena kasus Covid-19 di sejumlah negara juga tengah merangkak naik.

Ia pun mengingatkan, keputusan untuk mengakhiri pandemi sesungguhnya berada di tangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena pandemi terjadi di seluruh negara di dunia.

"Ada di satu-dua negara yang sekarang ini juga Covid-nya mulai bangkit naik, hati-hati, kehati-hatian itu yang sangat kita perlukan," ujar Jokowi.

Baca juga: Satgas: RI Masuk Fase Endemi Covid-19 asal Vaksinasi Booster Capai 50 Persen

Diberitakan kompas.tv, Biden secara mengejutkan menyebut pandemi Covid-19 telah berakhir saat diwawancarai oleh oleh CBS News pada program 60 Minute yang disiarkan, Minggu (18/9/2022).

“Kami memang masih memiliki masalah dengan Covid. Masih banyak hal yang harus dilakukan, namun pandemi telah berakhir,” kata Biden dikutip dari Politico.

“Jika Anda menyadari, tidak ada lagi yang menggunakan masker. Semua orang tampaknya dalam kondisi yang cukup baik. Jadi saya pikir ini telah berubah,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com