Kompas.com - 15/08/2022, 16:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengukuhkan 68 pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tingkat pusat di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Pengukuhan tersebut dilakukan dalam upacara yang dipimpin oleh salah satu paskibraka asal DKI Jakarta, Savina Fasha.

Sebelum dikukuhkan, para paskibraka tersebut mengucapkan Ikrar Pemuda Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Jadi Paskibraka

Setelahnya, disampaikan pernyataan pengukuhan oleh Presiden Joko Widodo selaku pembina upacara.

"Dengan memohon ridho Allah SWT pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2022," ujar Jokowi.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara. Jakarta 15 Agustus 2022, Presiden RI, Joko Widodo," lanjutnya.

Baca juga: Cerita Bhakti dan Nazla, Haru Biru Jadi Paskibraka Jabar, Titian Menuju Dunia Militer

Setelahnya, Presiden Jokowi menyematkan lencana pelantikan kepada Savina Fasha yang secara simbolis mewakili para paskibraka lainnya.

Usai prosesi tersebut, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada masing-masing paskibra.

Dalam kesempatan tersebut, presiden dan wakil presiden juga sempat menyapa dan berbincang ringan dengan para siswa-siswi SMA dari 34 provinsi di Indonesia itu.

Baca juga: Kisah Siswi SMAN 1 Cianjur Lolos Jadi Anggota Paskibraka Nasional 2022

Adapun dari masing-masing provinsi diwakili satu paskibraka putra dan satu paskibraka putri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.