Kompas.com - 11/08/2022, 12:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Gerindra memastikan bahwa Ketua Umumnya, Prabowo Subianto akan maju kembali sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dalam wawancara khusus bersama Harian Kompas, Jumat (29/7/2022).

Dasco mengatakan, kesediaan Prabowo itu didapatkan setelah ditanya soal kesiapan acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra. Pertanyaan itu disampaikan dalam rapat terbatas jajaran Gerindra.

Baca juga: Prabowo Nyatakan Siap Jadi Capres Lagi di 2024

"Kami bilang, acara rapimnas akan dirancang seperti apa, itu tergantung dari jawaban Pak Prabowo. Kalau Pak Prabowo menyatakan bersedia, ya, kami harus buat besar-besaran, kan gitu. Karena itu seremoni yang paling penting," kata Dasco dikutip Kompas.id, Kamis (11/8/2022).

"Ketika itu, dia mengatakan, 'Ya, kita akan ikhtiar.' Kalau dia sudah bilang kita ikhtiar, berarti kan bersedia," sambungnya.

Atas kesediaan Prabowo itu, Gerindra pun siap menggelar Rapimnas pada Jumat (12/8/2022) hingga Sabtu (13/8/2022).

Selanjutnya, kata Dasco, Gerindra sudah mengatur rangkaian acara Rapimnas dengan mendatangkan seluruh pengurus partai se-Indonesia.

Tak hanya itu, Rapimnas juga akan dihadiri oleh anggota Fraksi Gerindra di DPRD Kabupaten/Kota, dan anggota Fraksi Gerindra di DPR.

Dasco menuturkan, rapat terbatas yang memunculkan kesediaan Prabowo itu terjadi sekitar pertengahan Juli.

"Rapat terbatas di Kertanegara (rumah pribadi Prabowo). Saat itu yang datang ada Pak Sekjen (Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani), saya, dan ada beberapa orang lagi pengurus inti," jelasnya.

Wakil Ketua DPR itu menjelaskan, tidak ada perdebatan saat menanyakan kesediaan Prabowo menjadi capres.

Baca juga: Prabowo Sebut Punya Semangat yang Sama dengan PKB pada Pemilu 2024

Menurutnya, hal tersebut salah satunya karena usulan Prabowo menjadi capres sudah dideklarasikan Gerindra sejak tahun lalu.

"(Pengurus) hampir dari seluruh provinsi ke sini dan selalu mendiskusikan tentang apakah baik (bagi Prabowo) untuk maju atau tidak maju (di Pilpres 2024)," ungkapnya.

Selain mendapatkan jawaban kesediaan Prabowo, rapat terbatas itu juga membicarakan berbagai hal.

Mulai dari, persiapan verifikasi parpol hingga soal keharusan Prabowo menjawab dorongan dari daerah untuk maju kembali.

"Ini situasi politik eskalasinya cepat, ya kita harus cepat-cepat. Ya, itu tadi, ikhtiar. Kalau ikhtiar ya sudah, kami siapkan. Kemudian malah banyak bicara tentang persiapan rapimnas," kata Dasco.

Baca juga: Jokowi Disebut Ada Hati dengan Prabowo, Sekjen PDI-P: Kalau Urusan Capres-Cawapres Ada Momennya

Sebelumnya, Prabowo Subianto juga sudah mengaku siap jika diminta para kadernya untuk kembali mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

Hal itu disampaikannya pasca mendaftarkan Partai Gerindra sebagai calon peserta Pemilu 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2022).

“Ya kita lihat hasil Rapimnas (rapat pimpinan nasional Partai Gerindra). Tapi kalau saya dapat tugas, saya anggap tugas itu tugas yang suci untuk berbakti dan mengabdi pada rakyat,” tutur Prabowo pada wartawan.

Ia mengatakan tak bisa menolak jika dalam rapimnas Partai Gerindra semua kader sepakat untuk kembali mengusungnya sebagai capres.

“Tentu harus saya terima dengan baik seandainya nanti dicalonkan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.