Kompas.com - 27/07/2022, 18:10 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo mengatakan proses kepulangan jemaah haji terhitung 15-27 Juli 2022 berjalan lancar.

Dia menyebut sudah ada 33.212 jemaah yang sudah tiba di Tanah Air yang tergabung dari 83 kloter jemaah.

"Alhamdulillah, proses pemulangan jemaah haji berjalan lancar. Dari 15 Juli sampai hari ini, sudah 33.212 jemaah yang kembali ke Tanah Air. Mereka tergabung dalam 83 kloter jemaah haji yang diberangkatkan pada gelombang pertama," ujar Wibowo dalam keterangan tertulis, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Alami Gangguan Jantung, Jemaah Haji Asal Sragen Diturunkan di Bandara Kualanamu Medan

Adapun total kepulangan jemaah haji untuk gelombang pertama mencapai 45.096 jemaah haji dalam 114 kloter yang berangkat pada gelombang pertama.

Proses kepulangan gelombang pertama ini akan berlangsung hingga 30 Juli 2022 nanti.

"Setibanya di Tanah Air. Mereka yang pulang juga sudah terkonfirmasi telah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji," tutur Wibowo.

Sementara gelombang kedua akan diberangkatkan setelah mereka selesai berziarah dari Madinah.

Baca juga: Jemaah Haji Asal Bandung Barat Diwajibkan Tes Covid-19 Setiba di Indonesia

"Sampai hari ini, sebanyak 21.309 jemaah haji gelombang kedua (54 kloter) telah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah," ucap Wibowo.

"Keberangkatan jemaah ke Madinah, akan berlangsung hingga 4 Agustus 2022," tambah dia.

Jemaah haji gelombang kedua, kata Wibowo, akan mulai dipulangkan dari Madinah pada 30 Juli 2022. Proses pemulangan ini akan berlangsung hingga 13 Agustus 2022.

Sedangkan untuk jemaah haji yang meninggal dunia tercatat sebanyak 74 orang dengan rincian 27 jemaah wafat sebelum di wilayah Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina), 16 jemaah wafat pada fase puncak haji Armuzna, dan 31 jemaah wafat pascaarmuzna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.