Kompas.com - 24/05/2022, 16:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, angka kecelakaan pada mudik Lebaran 2022 menurun signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Tak hanya itu, penurunan angka kecelakaan juga diikuti dengan menurunnya jumlah korban meninggal.

"Kecelakaan itu turun 40 persen, bahkan meninggal dunia turun 72 persen. Jadi satu angka yang sangat signifikan," kata Budi dalam konferensi pers usai rapat terbatas yang dipimpin presiden dengan para menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Menko PMK: Angka Kecelakaan Mudik Turun 11 Persen

Menurut Budi, setidaknya ada 2 hal krusial yang menyebabkan angka kecelakaan pada mudik Lebaran tahun ini menurun drastis.

Pertama, menurunnya jumlah pemudik yang menggunakan motor. Budi pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang mengikuti imbauan pemerintah dengan tidak mudik memakai motor.

Berkurangnya angka kecelakaan juga disebabkan oleh menurunnya penggunaan angkutan wisata seperti bus untuk melayani penumpang mudik.

Budi menjelaskan, bus angkutan wisata merupakan bus bekas antarkota antarprovinsi (AKAP) yang digunakan secara individual.

Oleh karenanya, sopir bus kerap tak terlacak. Terkadang juga tidak diketahui apakah bus yang digunakan dalam kondisi baik atau tidak.

"Dan juga kita mengimbau kepada Polda, Dishub, untuk melakukan law enforcement (penegakan hukum) terhadap bus-bus wisata karena bus wisata itu bahaya," ujar Budi.

Baca juga: Alasan Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Meningkat: Penyelenggaraan Mudik dan Penanganan Covid-19

Berdasarkan hasil evaluasi, diketahui bahwa mudik jalur darat paling diminati. Tercatat, 47 persen pemudik menggunakan kendaraan pribadi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.