Kompas.com - 20/05/2022, 11:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satgas Covid-19 Reisa Brotoasmoro mengatakan, jumlah kasus aktif Covid-19 terus mengalami penurunan selama 19 hari terakhir.

Menurutnya, hal itu terjadi karena saat ini jumlah orang yang sembuh dari Covid-19 sudah semakin banyak.

"Berdasarkan data yang kita ambil sejak 1 Mei hingga 19 Mei menunjukkan kasus aktif atau orang yang sedang sakit atau terinfeksi Covid-19 justru makin sedikit," ujar Reisa dalam konferensi pers di Istana Negara, Jumat (20/5/2022).

"Yakni terus menurun dari 7.474 hingga per kemarin 3.766 orang. Ini dikarenakan jumlah orang yang telah sembuh lebih banyak dari yang terinfeksi baru per harinya," lanjutnya.

Baca juga: Pemerintah Diminta Tak Gegabah Wacanakan Status Endemi Covid-19

Reisa menuturkan, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kenaikan kasus positif dan kasus aktif biasanya terjadi dua hingga empat minggu pasca Lebaran atau liburan.

Itu karena mobilitas masyarakat yang tinggi dan tidak disertai prokes yang baik.

"Serta secara historis kenaikan kasus di Indonesia selalu terjadi bersamaan dengan munculnya varian baru yang termasuk varian of concern. Seperti varian Delta pada pasca masa Lebaran tahun lalu dan varian Omicron pasca libur Natal-tahun baru lalu," ungkap Reisa.

Baca juga: Membangkitkan Posyandu Setelah Badai Covid-19 Berlalu

Sementara itu, saat ini belum ada varian atau sub varian baru Covid-19 di Indonesia yang mendominasi.

Sehingga pemerintah berharap tak ada lagi lonjakan kasus Covid-19 pada tahun ini.

"Kita doakan semoga tak ada lagi varian of concern dan varian of interest (Covid-19) baru," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.