Kompas.com - 26/04/2022, 20:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari dua dekade Partai Demokrat meramaikan panggung politik Indonesia.

Partai berlambang bintang mercy itu mendeklarasikan diri pada 17 Oktober 2002 setelah melalui serangkaian proses yang panjang.

Nama Demokrat begitu gemilang di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Partai itulah yang mengantarkan SBY ke tampuk tertinggi pemerintahan.

SBY pernah menjabat ketua umum Partai Demokrat. Namun, selain dia, sejumlah tokoh juga pernah mengisi kursi pimpinan tertinggi partai tersebut.

Mereka yakni Subur Budhisantoso, Hadi Utomo, Anas Urbaningrum, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Berikut profil ketua umum Partai Demokrat dari masa ke masa.

1. Subur Budhisantoso

Lahir di Garut, 27 Agustus 1937, Subur Budhisantoso dikenal sebagai politikus dan pakar antropologi politik. Ia merupakan salah satu pendiri Partai Demokrat.

Subur menjadi satu dari sejumlah tokoh yang mendaftarkan Demokrat ke Departemen Kehakiman dan HAM RI pada 10 September 2001.

Pada 25 September 2001, terbit Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM Nomor M.MU.06.08.-138 tentang Pendaftaran dan Pengesahan Partai Demokrat. Melalui surat keputusan tersebut, Demokrat resmi menjadi salah satu partai politik di Indonesia.

Baca juga: Profil Partai Demokrat, Bintang Mercy yang Lambungkan Nama SBY

Dalam akta pendirian Partai Demokrat yang ditandatangani pada 9 September 2001, Subur tercatat sebagai ketua umum Demokrat. Jabatan itu ia emban selama kurang lebih 4 tahun hingga 23 Mei 2005.

Setelah tak menjabat sebagai ketum partai, Subur sempat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di era SBY, yakni selama April 2007 hingga Januari 2010.

2. Hadi Utomo

Setelah Subur, kursi pimpinan tertinggi Demokrat diisi oleh Hadi Utomo. Ia menjabat sejak 23 Mei 2005.

Hadi merupakan seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir kolonel. Melansir laman resmi Demokrat, Hadi lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri) pada 1970.

Hadi tidak lain merupakan ipar dari SBY. Istrinya adalah Mastuti Rahayu, adik kandung Ani Yudhoyono.

Saat menjabat sebagai ketua umum Demokrat, Hadi juga menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Ia duduk di kursi Parlemen selama 1 Oktober 2004 hingga 1 Oktober 2009.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.