Kompas.com - 19/04/2022, 16:17 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) ingin menggenjot potensi lokal ekonomi skala desa.

Untuk mewujudkan hal itu, Kemendesa PDTT menggandeng Perseroan Terbatas (PT) Astra Internasional Tbk (Astra) dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk menggarap desa berorientasi ekspor dan memperluas ekspor produk desa.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, pengembangan ekonomi lokal berskala desa saat ini harus mempunyai orientasi ke arah ekspor.

“Kami yakin banyak potensi ekonomi lokal skala desa jika digarap dengan saksama dan mempunyai peluang besar untuk menjadi komoditas unggulan yang layak ekspor,” ujar Abdul Halim dalam keterangan persnya, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: Kemendesa PDTT Raih 5 Kali Opini WTP, Gus Halim Jelaskan Progres Rekomendasi BPK Kepada DPR RI

Hal tersebut disampaikan oleh Abdul Halim saat menjadi pembicara kunci pada Festival Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA) 2022 sekaligus acara Kick Off Ekspor DSA dan Awarding KBA dan DSA Innovation secara dalam jaringan (daring), Selasa.

Pria yang akrab disapa Gus Halim itu mengatakan, desa-desa di Indonesia mempunyai peluang besar untuk mengirim komoditas lokal mereka menjadi produk ekspor.

Adapun beberapa produk lokal skala desa yang layak ekspor, di antaranya produk furnitur, kerajinan tangan, pakaian, agrobisnis, hingga produk makanan dan minuman.

“Dengan pengelolaan yang benar, maka berbagai komoditas unggulan tersebut sangat layak untuk menjadi produk ekspor,” jelas Gus Halim.

Baca juga: Transformasi UPK Eks PNPM, Upaya Kemendesa PDTT Selamatkan Aset Rp 12,7 Triliun

Gus Halim juga memberikan apresiasi kepada pihak ketiga, salah satunya Astra, yang telah bekerja sama dengan Kemendesa PDTT dalam mengembangkan potensi ekonomi skala desa.

Menurutnya, keterlibatan Astra maupun kalangan perusahaan swasta lainnya sangat membantu mempercepat peningkatan kesejahteraan warga desa.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.