Kompas.com - 18/04/2022, 18:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah menetapkan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) pada 2022 bagi seluruh aparatur sipil negara, presiden dan wakil presiden, menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju, sampai seluruh kepala lembaga negara.

Hal itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Mereka yang mendapatkan THR meliputi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, para menteri kabinet, serta kepala lembaga negara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pembayaran THR dilakukan mulai H-10 Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 1443 Hijriyah.

Baca juga: Ini Beda THR ASN 2022 dan Tahun-tahun Sebelumnya

Menurut PP 16/2022, THR pejabat negara, termasuk presiden dan wakil presiden, meliputi gaji pokok, tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan 50 persen tunjangan kinerja.

Gaji menteri ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 68 Tahun 2001. Menurut Pasal 1 Ayat 2 poin (e) Keppres) No. 68 Tahun 2001 disebutkan:

"Menteri Negara, Jaksa Agung, dan Panglima Tentara Nasional Indonesia dan Pejabat lain yang kedudukan atau pengangkatannya setingkat atau disetarakan dengan Menteri Negara adalah sebesar Rp13.608.000,00 (tiga belas juta enam ratus delapan ribu rupiah)."

Baca juga: Mendagri Minta Pemda Segera Bayarkan THR, Termasuk untuk CPNS

Sedangkan gaji pokok yang diperoleh para menteri setiap bulan adalah sebesar Rp5.040.000. Sehingga secara keseluruhan gaji yang diterima menteri adalah Rp 18.648.000.

Merujuk pada PP 16/2022, THR yang diberikan kepada pejabat negara meliputi satu kali gaji pokok sampai tunjangan kinerja. Maka dari itu THR yang bakal diterima para menteri kabinet Indonesia Maju tahun ini adalah sebesar Rp 18.648.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.