Kompas.com - 11/03/2022, 08:30 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten Intelijen (Asintel) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muda Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkasa Dipua mengingatkan bahwa intelijen TNI AL harus memiliki komitmen tinggi ketika menjalankan tugas.

Hal tersebut disampaikan Angkasa saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Intelijen TNI AL Tahun 2022 di Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/3/2022).

“Intelijen TNI AL yang profesional yaitu memiliki komitmen yang tinggi, bertanggung jawab, berpikir cerdas dengan belajar dari pengalamannya dan menguasai materi secara mendalam dengan mengenali pekerjaan yang dilakukannya,” kata Angkasa dalam keterangan tertulis, Kamis.

Baca juga: Satu Penjambret Pesepeda di Flyover Senayan Residivis, Pernah Coba Jambret Kolonel TNI AL

Selain itu, Angkasa juga mengingatkan agar intelijen TNI AL juga harus berpikir modern dan out of the box.

Menurutnya, para intelijen tersebut harus berani bersaing menjadi unggul dalam akurasi dan kecepatan informasi.

“Serta berjiwa Tan Hana Bhakti Pupus, tentunya dengan tetap memegang etika insan intelijen guna mendukung tugas TNI AL,” kata Angkasa.

Angkasa mengatakan Rakor Intelijen TNI AL memiliki arti yang sangat penting untuk menyampaikan kebijakan pimpinan TNI dan TNI AL di bidang Intelijen.

Baca juga: TNI AL Upayakan Kehadiran Unsur Operasi di Area Rawan

Menurutnya, tujuan rakor ini untuk melaksanakan evaluasi kegiatan 2021, menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam menghadapi tantangan tugas tahun 2022.

Selain itu, Angkasa juga menekankan mengenai tiga kebijakan KSAL Laksamana Yudo Margono di bidang intelijen pada 2022 agar dapat dijadikan pedoman.

Baca juga: Jaga Kesiapsiagaan Prajurit, TNI AL Kerahkan 2 Kapal Perang Latihan Tempur

Kebijakan pertama yakni Insan intelijen TNI AL mampu menyajikan informasi intelijen yang lengkap, akurat dan tepat waktu untuk mendukung operasi dan menguasai situasi.

Kedua, melaksanakan pengamanan internal terhadap personel, informasi dan dokumen dengan melakukan cegah dini dan edukasi.

Ketiga, memantau dan menganalisa Perkembangan Lingkungan Strategis (Banglingstra) global, regional dan nasional yang dapat berimplikasi terhadap tugas TNI AL.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.