Pelda KKO (Purn) Soegimin, Pengangkat Jenazah Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Tutup Usia

Kompas.com - 07/03/2022, 07:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelda KKO (Purn) Soegimin (83), salah satu prajurit yang dulu mengankat jenazah tujuh Pahlawan Revolusi korban G30S/PKI, meninggal dunia di RSPAL Dr Ramelan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (6/3/2022) pukul 15.47 WIB. Ia meninggal setelah menderita gangguan pernapasan.

Soegimin meninggalkan seorang istri dan tujuh orang anak.

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya salah satu putra terbaik bangsa ini.

Baca juga: G30S/PKI dan Awal Mula Redupnya Kekuasaan Soekarno...

"Beliau adalah prajurit pejuang yang berdedikasi dan loyalitas tinggi yang patut diteladani bagi para generasi penerus," ujar Widodo dalam keterangan tertulis, Minggu sore.

Jenazah almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 November, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, dengan upacara militer. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklatal Brigadir Jenderal TNI (Mar) Widodo, dengan Komandan Upacara (Danup) Danyonroket 2 Marinir Letkol Marinir Daulat Situmoran.

Acara juga diikuti pasukan upacara gabungan dari TNI AD, AL dan AU.

Pelda KKO (Purn) Soegimin merupakan salah satu yang diberikan tugas oleh Komandan KKO AL saat itu, Mayjen Hartono, untuk mengangkat jenazah tujuh perwira tinggi TNI AD yang menjadi korban tragedi 30 September 1965 di Lubang Buaya.

Ada sembilan personel pengangkat jenazah tujuh Pahlawan Revolusi itu. Kesembilan personel tersebut yaitu, Kapten KKO Winanto, Letnan KKO Misnan Sutarto, Sersan KKO Suparimin, Kopda KKO Van Kandou, Kopda KKO Sudarjo, Pelda KKO Soegimin, Kopka KKO Hartono, Praka KKO Sumarni, dan Praka KKO Subekti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.