Kompas.com - 19/02/2022, 12:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut (TNI AL) akan melakukan penelitian lebih intensif terhadap benda mirip rudal yang ditemukan nelayan di Pulau Jampea, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono menyatakan, penelitian tersebut akan melibatkan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL, Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL, serta tenaga ahli dari perguruan tinggi.

Pada Jumat (18/2/2022) kemarin, TNI AL bersama camat, danramil, dan kapolsek setempat, meninjau benda asing tersebut dan membawanya ke KRI Fatahillah untuk dibawa ke pangkalan TNI AL terdekat guna keperluan identifikasi lebih lanjut.

Baca juga: TNI AL Temukan 2 Nelayan yang Hilang di Perairan Morotai, Keduanya Selamat

Adapun pada Kamis (17/2/2022), Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI Laksamana Pertama Benny Sukandari menduga benda tersebut adalah side scan sonar (SSS).

"Benda itu berfungsi sebagai sistem sonar yang digunakan untuk meneliti Sea Bottom Profile yaitu keadaan di bawah permukaan laut, termasuk aktivitas, biodata dan segala kehidupan di bawah permukaan laut", kata Benny.

Diberitakan sebelumnya, Camat Pasmasunggu Nur Mawing mengungkapkan, seorang nelayan menemukan benda diduga rudal di Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Yang bersangkutan (nelayan penemu) periksa ternyata dilihat masih aktif (lampu menyala), di situlah melapor ke Koramil 1415-02 Pasimasunggu," ujar Nur Mawing, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Spesifikasi KRI Golok-688, Kapal Cepat Rudal TNI AL yang Miliki Daya Hancur Besar

Menurut Nur, benda itu ditemukan pada 9 Februari 2022 tetapi baru dilaporkan pada Rabu (16/2/2022).

Benda tersebut memiliki panjang 118 sentimeter dan diameter 40 sentimeter. Sedangkan beratnya mencapai 9,1 kilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.