Kompas.com - 11/02/2022, 17:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecek hasil tes Covid-19, baik rapid test antigen maupun Polymerase Chain Reaction (PCR) dapat dilihat dari PeduliLindungi. Cara cek hasil PCR di PeduliLindungi cukup mudah.

Seperti diketahui, aplikasi PeduliLindungi digunakan Pemerintah unutk melakukan pelacakan dalam upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19.

Saat ini, PeduliLindungi menjadi pedoman masyarakat dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Aplikasi PeduliLindungi mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Baca juga: Cara Daftar STR Online buat Tenaga Kesehatan

Masyarakat juga bisa mengetahui informasi terkait zonasi atau status daerah terkait penyebaran Covid-19, hingga contact tracing. Manfaat lain dari aplikasi PeduliLindungi juga bisa sebagai bukti akses layanan publik, termasuk tempat keramaian.

PeduliLindungi pun bisa dijadikan rujukan status kondisi seseorang dalam hal Covid-19, hingga membantu syarat perjalanan seseorang.

Aplikasi ini juga digunakan sebagai sarana pendaftaran vaksinasi, sehingga dapat memberikan bukti apakah seseorang sudah menerima vaksin atau belum melalui sertifikat vaksin.

Tak hanya itu, PeduliLindungi kini juga bisa digunakan untuk mengecek hasil tes Covid-19.

Baca juga: Aturan Isoman Omicron Berapa Hari dan Syaratnya

Dilansir dari situs indonesiabaik.id milik Pemerintah, Jumat (10/2/2022), integrasi hasil tes Covid-19 masyarakat ditujukan untuk menjamin keaslian dan menghindari pemalsuan surat hasil laboratorium.

Hasil swab antigen dan PCR akan muncul di aplikasi PeduliLindungi jika pemeriksaan dilakukan di laboratorium yang sudah mendapatkan izin Dinas Kesehatan (Dinkes) masing-masing wilayah.

Namun, petugas laboratorium tersebut harus menginputkan hasil laboratorium pada aplikasi NAR (New All Record) Kementerian Kesehatan agar hasil tes Covid-19 dapat terdeteksi di PeduliLindungi.

“Masyarakat sebaiknya menanyakan ke laboratoriumnya terlebih dahulu sebelum tes apakah terhubung dengan PeduliLindungi,” kata Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Setiaji.

Cara cek hasil tes PCR di PeduliLindungi sangat mudah. Tentunya tes swab antigen juga dapat dilihat.

Pengguna hanya tinggal membuka aplikasi PeduliLindungi dari ponsel. Setelah login, pengguna tinggal membuka menu "covid-19 test results" atau "hasil tes Covid-19". Hasil akan langsung terlihat.

Namun jika sudah melakukan tes antigen atau PCR di laboratorium yang terdaftar tetapi hasilnya belum muncul di aplikasi PeduliLindungi, maka coba cek di website PeduliLindungi.

Baca juga: Ivermectin dan Plasma Konvalesen Dicabut dari Pedoman Medis Covid-19

Berikut cara cek tes Covid-19 di PeduliLindungi:

  • buka laman https://pedulilindungi.id/
  • klik tulisan "Periksa Hasil Tes COVID-19 di sini"
  • masukkan NIK
  • centang kotak "Saya bukan robot"
  • klik submit

Hasil tes Covid-19 juga bisa langsung dilihat lewat cara ini:

Baca juga: Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 jika Tidak Muncul di Aplikasi Peduli Lindungi

Setelah itu akan ada tiga data yang muncul, yaitu data sudah/belum divaksin, hasil PCR, dan hasil antigen. Jika hasil belum keluar, maka di kolom hasil akan tertulis "TIDAK ADA".

Perlu diingat, tidak diperlukan data lain selain NIK pada cara cek hasil PCR di PeduliLindungi. Pengguna juga bisa memasukkan NIK lainnya untuk diperiksa, seperti NIK anggota keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.