Kompas.com - 07/02/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gejala infeksi pasien Covid-19 varian Omicron dinilai cenderung lebih ringan dari yang lainnya. Bahkan ada yang menganggap gejala itu bisa sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan umum yang dijual di apotek maupun warung.

Spesialis paru dari RSUP Persahabatan, Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K), menjelaskan perihal pendapat yang menyatakan pasien Covid-19 varian Omicron bisa sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan umum.

Namun, menurut dia hal itu terbatas bagi pasien dengan kondisi tanpa gejala atau bergejala ringan.

"Yang isolasi mandiri tanpa gejala atau gejala ringan boleh minum vitamin C dan D sesuai anjuran dokter. Kalau panas boleh minum paracetamol atau kalau batuk bisa minum obat batuk," kata Erlina saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/2/2022).

Baca juga: 5 Obat Covid-19 yang Tak Lagi Digunakan dan Penggantinya

"Namun bukan berarti pasiennya boleh pergi-pergi ke warung, karena bisa membahayakan," lanjut Erlina.

Pasien yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron kerap mengeluhkan berbagai gejala ringan yang mirip flu, seperti sakit tenggorokan, pilek, dan batuk.

Obat-obatan yang dimaksud Erlina untuk dikonsumsi oleh pasien Covid-19 varian Omicron adalah yang mempunyai simbol lingkaran berwarna hijau di kemasannya. Obat seperti itu kerap disebut dengan istilah 'obat warung' di kalangan masyarakat.

Akan tetapi, Erlina mengatakan ada syarat yang ketat bagi pasien Covid-19 mengonsumsi obat warung itu.

"Ini hanya untuk yang gejala ringan dan isolasi mandiri, kalau gejalanya memburuk tetap harus segera dirujuk. Sekarang sudah ada telemedisin, jadi mempermudah pemantauan pasien Covid-19. Kalau memburuk harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan," lanjut Erlina.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.