Kompas.com - 24/01/2022, 09:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk lima Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) baru.

Penunjukkan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor Kep 66/1/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, tertanggal 21 Januari 2022. Pergantian Pangdam tersebut juga satu paket dengan pemberhentian dan pengangkatan jabatan di lingkungan TNI terhadap 323 perwira tinggi TNI lainnya.

Dengan demikian, total keseluruhan terdapat 328 perwira tinggi TNI yang diberhentikan dan diangkat dalam jabatan di lingkungan TNI.

Baca juga: Panglima TNI Tunjuk Mayjen Untung Budiharto Jadi Pangdam Jaya Gantikan Mulyo Aji

Adapun daftar lima Pangdam baru tersebut meliputi, pertama Mayjen Sonny Aprianto yang sebelumnya menjabat Deputi III Bidang Kontra Intelijen Badan Intelijen Negara menjadi Pangdam IX/Udayana.

Sonny menggantikan Pangdam IX/Udayana sebelumnya, Mayjen Maruli Simanjuntak yang kini menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Kedua, Inspektur Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklatad), Mayjen Gabriel Lema yang dipercaya menjadi Pangdam XVIII/Kasuari.

Gabriel Lema menggantikan Pangdam XVIII/Kasuari sebelumnya, Mayjen I Nyoman Cantiasa yang kini menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III).

Ketiga, Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen Teguh Muji Angkasa kini menjadi Pangdam XVII/Cendrawasih.

Jabatan baru ini menggantikan Pangdam XVII/Cendrawasih sebelumnya, Mayjen Ignatius Yogo Triyono yang kini menjadi Komandan Kodiklatad.

Keempat, Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2/Kostrad Mayjen Andi Muhammad yang ditunjuk menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin. Andi Muhammad menggantikan Pangdam XIV/Hasanuddin sebelumnya, Mayjen Mochamad Syafei Kasno yang kini menjadi dosen tetap di Universitas Pertahanan di bawah Kementerian Pertahanan.

Kelima, Mayjen Kunto Arief Wibowo, dari Pangdivif 3 Kostrad menjadi Pangdam III/Siliwangi. Kunto menggantikan Pangdam III/Siliwangi sebelumnya, Mayjen Agus Subianto yang kini menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.