Jadi Danjen Kopassus, Brigjen Widi Prasetijono Eks Ajudan Jokowi yang Pernah Jadi Dandim Solo

Kompas.com - 24/01/2022, 09:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Brigjen Widi Prasetijono mendapat promosi sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Ia merupakan mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga pernah menjadi Dandim Solo.

Brigjen Widi Prasetijono dipilih sebagai Danjen Kopassus menggantikan Mayjen Teguh Muji Angkasa yang dimutasi menjadi Pangdam VVII/Cenderawasih.

Keduanya dirotasi ke jabatan baru lewat Surat Keputusan Nomor 66/1/2022 yang ditandatangani oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tanggal 21 Januari 2022. Lewat SK ini, Mayjen Maruli Simanjuntak juga dipilih sebagai Pangkostrad.

Dengan jabatan barunya, Brigjen Widi Prasetijono nantinya akan mendapat kenaikan pangkat menjadi Mayjen.

Baca juga: Tak Jadi Pangkostrad, Agus Subiyanto dan Nyoman Cantiasa Tetap Dapat Jabatan Letjen

Seperti apa sosok Brigjen Widi Prasetijono?

Dikutip dari Tribunews.com, Brigjen Widi merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993. Pria kelahiran Trenggalek, Jawa Timur pada 4 Juni 1971 itu mengawali karirnya sebagai Danton Grup 2 Kopassus.

Tak hanya di satuan elite baret merah saja, Widi Prasetijono juga pernah menjadi Komandan Yonif 400/Raider.

Saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo, Brigjen Widi bertugas menjadi Dandim 0735/Surakarta pada 2011-2012.

Baca juga: Jadi Calon Pangkostrad, I Nyoman Cantiasa Eks Danjen Kopassus yang Janji Hancurkan Teroris Papua

Kemudian saat Jokowi terpilih sebagai Presiden di tahun 2014, Widi Prasetijono diangkat sebagai salah satu ajudannya. Saat itu, ia masih berpangkat perwira menengah.

Dua tahun menjadi Ajudan Presiden, Brigjen Widi lalu dipromosi sebagai Komandan Rindam III/Siliwangi. Hanya setahun di posisi ini, ia pun lalu kembali bertugas di Solo.

Widi Prasetijono menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta dari tahun 2017-2018. Selama bertugas, ia kerap membantu pengamanan Kota Solo saat Jokowi berada di kampung halamannya itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.