Kompas.com - 01/01/2022, 07:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia kedatangan 9.819.000 dosis vaksin Covid-19 pada Jumat (31/12/2021). Vaksin tersebut berasal dari merek yang berbeda yaitu Pfizer dan Sinovac.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, 9.819.000 dosis vaksin tersebut terdiri dari 819.000 dosis vaksin Pfizer yang diterima dalam bentuk donasi melalui Covax.

Kemudian, disusul 6 juta dosis vaksin Sinovac yang tiba pada 13.20 WIB dan 3 juta dosis vaksin yang sama pada pukul 22.55 WIB.

"Untuk vaksin Sinovac merupakan pembelian langsung sebagai upaya pemenuhan kebutuhan vaksin dalam negeri," kata Johnny dalam keterangan tertulis, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: PAN Minta Penggunaan Vaksin Produksi Dalam Negeri Dapat Diutamakan

Johnny mengatakan, dengan kedatangan dosis vaksin tersebut, maka total vaksin yang datang di 2021 adalah sebanyak 465.327.165 baik dalam bentuk bulk atau bahan baku maupun vaksin jadi.

Ia mengatakan, jumlah tersebut diperoleh berkat upaya diplomasi pemerintah Indonesia, di mana hampir 100 juta dosis vaksin di antaranya didapat melalui donasi, baik melalui jalur bilateral maupun multilateral.

"Pemerintah terus berupaya mendatangkan vaksin melalui berbagai skema. Indonesia berhasil menghemat anggaran Rp 13 T untuk pengadaan vaksin Covid-19 karena efektifnya upaya kerja sama bilateral dan banyaknya bantuan vaksin gratis," ujarnya.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan, Indonesia sudah memulai vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

Selain itu, awal tahun 2022 akan dimulai pemberian vaksinasi booster untuk beberapa kelompok target sasaran seperti lansia.

Baca juga: Mengenal 5 Vaksin Covid-19 yang Jadi Calon Vaksin Booster pada 2022

"Capaian yang telah diraih ini patut disyukuri, hanya bisa terjadi berkat kerja sama seluruh elemen bangsa, dan yang pastinya berkat dukungan dan peran serta masyarakat," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.