Muncul Tagar #PercumaLaporPolisi, Kapolri: Polri Tidak Anti-Kritik, Kita Berbenah

Kompas.com - 29/12/2021, 17:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajarannya untuk mempertahankan dan menunjukkan sikap Polri yang mau menerima kritikan.

Hal ini disampaikan Sigit saat memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah Kapolda di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/12/2021).

“Pertahankan Polri tidak anti-kritik, tapi kita akan terus berbenah menjadi organisasi yang modern dan organisasi yang selalu berubah menjadi organisasi yang lebih baik," ucap Sigit seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu.

Ia menyampaikan setiap kritik dari masyarakat harus diterima sebagai bagian dari evaluasi intansi Polri untuk menjadi semakin lebih baik.

Baca juga: Janji Potong Kepala dan Pertaruhan Wibawa Kapolri di Tengah Kekecewaan #PercumaLaporPolisi

Terlebih belakanagan ini muncul sejumlah kritik lewat beragam tagar di media sosial terkait kinerja aparat kepolisian.

"Ada kritik dari masyarakat kita terima sebagai bagian dari evaluasi kita untuk membawa institusi menjadi jauh lebih baik,” kata dia.

Menurut Sigit, kemunculan beragam tagar kritikan terhadap polisi juga harus disikapi dengan langkah-langkah yang konkret untuk melakukan perbaikan.

Mantan Kapolda Banten tersebut menjelaskan, setiap anggota Polri harus selalu menanamkan dan mengingat tugas dasarnya setiap hari, yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Baca juga: [KALEIDOSKOP 2021] Fenomena No Viral No Justice, Banjir Kritik untuk Polri

"Tanamkan itu setiap hari. Berikan contoh, turun ke lapangan, cek apakah semua berjalan dengan baik. Kalau ada kekurangan lakukan koreksi," ujar Sigit.

Sigit juga menginstruksikan jajarannya untuk tidak pandang bulu dalam melakukan proses penegakan hukum di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.