Kompas.com - 19/11/2021, 16:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani mendukung rencana pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah pada masa libur Natal dan tahun baru.

Menurut Netty, penerapan PPKM Level 3 dapat menekan mobilitas masyarakat guna mencegah lonjakan kasus Covid-19 gelombang ketiga.

"Demi keselamatan rakyat di masa pandemi Covid-19, saya mendukung langkah pemerintah yang memberlakukan PPKM Level 3 jelang Natal dan tahun baru. Penerapan PPKM Level 3 dengan sendirinya akan membatasi mobilitas masyarakat yang berujung pada terkendalinya kasus Covid-19," kata Netty, saat dihubungi, Jumat (19/11/2021).

Baca juga: PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Pemerintah Perketat Mobilitas Masyarakat tetapi Tak Lakukan Penyekatan

Netty mengingatkan, tingginya mobilitas masyarakat sebagaimana yang terjadi saat libur Lebaran dan momen lainnya terbukti berdampak pada terjadinya gelombang kedua.

Namun, ia menegaskan, kebijakan PPKM Level 3 se-Indonesia ini harus didukung dengan infrastruktur dan sumber daya manusia yang memadai.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu juga meminta pemerintah untuk memastikan kebijakan tersebut benar-benar dilaksanakan dengan baik.

"Pemantauan dan pengawasan harus benar-benar terealisasi dengan baik. Jangan sampai kebijakan PPKM Level 3 diterapkan, akan tetapi tidak dapat menekan laju mobilitas masyarakat," ujar Netty.

Baca juga: Dukung PPKM Level 3 Saat Akhir Tahun, Pimpinan Komisi IX: Lebih Baik Mencegah Potensi Ledakan Kasus

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, penerapan PPKM level 3 di seluruh wilayah akan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Muhadjir mengatakan, kebijakan tersebut dalam rangka memperketat pergerakan orang guna mencegah lonjakan kasus Covid-19. Sebab, libur Natal-Tahun Baru diprediksi akan meningkatkan mobilitas masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.