Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AL Akan Fokuskan Pengadaan Tahun 2022 untuk Alutsista hingga Kemampuan Siber

Kompas.com - 28/10/2021, 11:03 WIB
Achmad Nasrudin Yahya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut akan memfokuskan pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) hingga kemampuan siber pada 2022.

Hal itu disampaikan Wakil Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkatan Laut (Waasrena KSAL) Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan saat membuka kegiatan Asistensi Perencanaan Kegiatan (Rengiat) TNI AL Tahun 2022, di Cilangkap, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

"Rengiat TNI AL Tahun 2022 difokuskan pada peningkatan alutsista dalam rangka pemenuhan Minimum Essential Force (MEF) serta pembangunan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit melalui pengadaan perumahan," ujar Yayan, dikutip dari laman tnial.mil.id, Rabu (27/10/2021).

Yayan menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang menjadi program prioritas nasional maupun pimpinan TNI AL sesuai dengan dokumen kebijakan perencanaan TNI AL Tahun 2022.

Baca juga: Serahkan 2 Kapal Perang Baru, Prabowo Minta TNI AL Jaga Aset Rakyat

Antara lain pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan alutsista, serta pengadaan alutsista dalam rangka pemenuhan MEF.

Kemudian, pembangunan sarana dan prasarana alutsista, serta pembangunan sarana dan prasarana Pos TNI Angkatan Laut (Posal) perbatasan.

Selanjutnya, pembangunan pangkalan militer di Sorong, peningkatan kemampuan siber, serta peningkatan kesejahteraan prajurit melaui pengadaan perumahan.

Yayan menegaskan agar pelaksanaan asistensi memperhatikan kesesuaian nomenklatur kegiatan, serta kewajaran harga satuan dari masing-masing kegiatan yang diusulkan, sehingga tidak ada lagi copy paste dan kemahalan harga.

"Agar satker meningkatkan kapasitas dan perannya serta bertanggung jawab dalam proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan perubahan anggaran dengan memahami proses perencanaan dan penganggaran sesuai dengan peraturan yang berlaku," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com