Kompas.com - 04/08/2021, 21:50 WIB
Ikan Selar Bentong DOK. Humas Kementerian Kelautan dan PerikananIkan Selar Bentong

KOMPAS.com – Balai Riset Perikanan Laut (BRPL) Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kementerian KP) melakukan penelitian Ikan Selar Bentong di Laut Natuna Utara untuk mencegah penurunan populasinya.

Meskipun Ikan Selar Bentong belum banyak dikenal masyarakat awam, tetapi ikan ini adalah salah satu jenis ikan pelagis kecil yang cukup dominan tertangkap di perairan Natuna.

Pemanfaatan yang semakin intensif dengan menggunakan pukat cincin dikhawatirkan dapat mengakibatkan penurunan populasi Ikan Selar Bentong.

Kepala Pusat Riset Perikanan BRSDM Yayan Hikmayani mengatakan, permasalahan dan tantangan dalam pembangunan perikanan perlu segera diatasi dengan inovasi teknologi maupun kebijakan.

Baca juga: Ikan Cupang Kawin Tapi Tidak Bertelur? Ini Penyebabnya

"Untuk itu, dibutuhkan temuan-temuan tepat guna, inovasi teknologi baru dan kelembagaan perikanan yang berkelanjutan," kata Yayan Hikmayani dalam acara Sharing Session BRSDM bertema Dinamika Populasi dan Biologi Reproduksi Ikan Selar Bentong yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube BRSDM pada Rabu (4/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian Ikan Selar Bentong yang dilakukan pihak Kementerian KP bertujuan menganalisis biologi reproduksi dan dinamika populasi.

Adapun penelitian dilakukan dengan menganalisis pola pertumbuhan, nisbah kelamin, rata-rata ukuran pertama kali kelenjar reproduksi atau gonad matang, tingkat kematangan gonad, indeks kematangan gonad, musim pemijahan, rata-rata ukuran panjang pertama kali tertangkap, serta parameter pertumbuhan kematian dan tingkat pemanfaatannya.

Lebih dari itu, penelitian juga mengkaji aspek penangkapan meliputi komposisi hasil tangkapan, hasil tangkapan per satuan upaya, musim dan daerah penangkapan, serta rumusan alternatif pengelolaan perikanan pukat cincin di Laut Natuna Utara.

Baca juga: Ditarget Rampung 2022, PLBN Natuna Diharapkan Tumbuhkan Ekonomi di Perbatasan

Peneliti BRPL Moh. Fauzi memaparkan, berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa pola pertumbuhan ikan jantan dan betina bersifat isometrik. 

Hasil penelitian menunjukkan pula bahwa nisbah kelamin ikan jantan dan betina Ikan Selar Bentong dalam kondisi seimbang, mampu hidup di kedalaman 10-100 meter dph dengan kedalaman optimum 40-60 meter dph, dan memiliki panjang asimptotik (L∞) kisaran 24,1-25 cmFL dengan laju pertumbuhan (K) 0,92-1,1 per tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.