Kompas.com - 02/08/2021, 10:19 WIB
Ilustrasi covid varian delta ShutterstockIlustrasi covid varian delta

JAKARTA, KOMPAS.com - Data Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI per 30 Juli 2021 mencatat, ada 372 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 akibat tiga varian Corona di DKI Jakarta.

Ketiga varian itu adalah Alpha, Beta, dan Delta. Ketiga varian virus Corona itu digolongkan sebagai variant of concern (VoC) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dari jumlah tersebut, varian Delta masih mendominasi di DKI Jakarta sebanyak 323 kasus. Kemudian, 37 kasus Covid-19 dari varian Alpha dan 12 kasus dari varian Beta.

Jumlah ini mengalami peningkatan dari data sebelumnya.

Baca juga: Kemenkes Temukan 1.066 Kasus Covid-19 Akibat Varian Delta, DKI Catat 323

Data Balitbangkes per 27 Juli melaporkan, sebanyak 298 kasus Covid-19 dengan varian Delta, 35 kasus akibat varian Aplha dan 8 kasus akibat Beta.

Jumlah tersebut menunjukkan bahwa varian Delta mengalami peningkatan yang signifikan daripada dua varian Corona lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya diberitakan, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, varian delta telah menyebar hampir merata di seluruh daerah di Indonesia berdasarkan hasil penelitian spesimen.

"Varian Delta mendominasi 86 persen spesimen yang dilakukan sequencing dalam 60 hari terakhir, berasal dari 24 provinsi, sehingga dapat dikatakan persebaran ini hampir merata di seluruh Indonesia," kata Nadia dikutip dari Antara, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: Pemprov DKI Sudah Vaksinasi 7,5 Juta Warga, 40 Persennya Ber-KTP Luar Jakarta

Nadia menjelaskan, jejaring laboratorium genomic sequencing atau metode pengurutan genom untuk memetakan mutasi virus di bawah komando Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) terus berupaya menelusuri pola persebaran varian virus corona di Indonesia.

Sejak awal Januari hingga 28 Juli, kata Nadia, Indonesia telah melaporkan 3.651 hasil pengurutan genom ke dalam database global. Tercatat di dalamnya, tiga dari empat varian virus corona yang harus diwaspadai, yaitu varian alfa, beta, dan delta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.