Survei Sebut Eks Pendukung Prabowo Banyak Tak Percaya Vaksin, Gerindra Sudah Imbau Vaksinasi

Kompas.com - 09/07/2021, 11:25 WIB
Ilustrasi vaksinasi covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi vaksinasi covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai, survei Median yang menyebutkan mantan pendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019 lebih sedikit yang percaya vaksinasi Covid-19, bukan berarti partainya tak memberikan imbauan dan arahan kepada masyarakat.

Sebaliknya, Dasco mengklaim Partai Gerindra terus memberikan imbauan dan menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

"Kalau di Gerindra, kita ada vaksinasi berkala. Imbauan ke daerah-daerah, kader-kader Gerindra mengarahkan masyarakat untuk vaksin," kata Dasco saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Survei Median: Mantan Pendukung Prabowo-Sandiaga Lebih Banyak yang Tak Percaya Vaksin Covid-19

Menurut Wakil Ketua DPR itu, imbauan dan arahan itu telah dilakukan dari struktur terbawah organisasi Partai Gerindra.

Ia menilai, hal-hal seperti imbauan dan arahan kepada masyarakat juga merupakan kerja-kerja dari kader.

"Itu kan kerja-kerja di bawah, mengarahkan masyarakat untuk vaksin," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, ia juga menegaskan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pun juga sudah mengarahkan ke para pendukungnya secara umum untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Kalau soal pendukungnya Pak Prabowo di luar Partai Gerindra, ya itu kan secara umum Pak Prabowo sudah mengarahkan," tutur dia.

Baca juga: Bio Farma Targetkan Produksi Vaksin Merah Putih Dimulai pada April 2022

Dasco mengakui, mantan pendukung Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019 terbagi dalam berbagai elemen masyarakat, tidak hanya dari Partai Gerindra.

Ia juga menegaskan, mantan pendukung Prabowo-Sandi tidak berada dalam garis komando Partai Gerindra atau partai lainnya, dan bisa perseorangan.

Oleh karena itu, dia menilai bahwa kerja-kerja untuk mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19 merupakan kerja bersama, tidak hanya dari Prabowo dan Partai Gerindra.

"Mereka tersebar dari banyak elemen, sehingga kalau ditanyakan kepada pihaknya Pak Prabowo kenapa, ya mari kita sama-sama edukasi. Bukan tanggung jawab Pak Prabowo saja kalau begitu kan," kata dia.

Selain itu, Dasco mengungkapkan, Prabowo Subianto juga telah melakukan vaksinasi Covid-19 di lingkungan Kementerian Pertahanan karena jabatannya sebagai Menteri Pertahanan.

Baca juga: Kapolri: TNI-Polri Siap Fasilitasi Vaksinasi Covid-19

Ia beralasan, Prabowo memang tidak mempublikasikan vaksinasi tersebut lantaran pada pelaksanaan kegiatan digelar secara internal.

"Waktu di Kemenhan sudah divaksinasi Pak Prabowo. Ya memang enggak dipublikasikan karena kan mungkin waktu itu acaranya internal," kata dia.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.