Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2021, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajaran kepolisian daerah, resor, dan sektor mendirikan gerai "Vaksin Presisi" untuk masyarakat.

Di gerai itu, masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis tanpa surat keterangan domisili.

"Polri mendirikan gerai 'Vaksin Presisi' di seluruh polda, polres, polsek di Indonesia. Gerai vaksin akan melayani masyarakat yang belum vaksin," kata Sigit, dikutip dari Antara, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Satgas Covid-19, TNI, dan Polri Gelar Operasi Penegakan Protokol Kesehatan di 29 Daerah Zona Merah

Dia memaparkan, gerai vaksin di antaranya sudah dimulai di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Klinik Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok, Polres Metro Tangerang, dan Mal CGV Tangerang.

Polda, polres, dan polsek lain bakal segera mengaktifkan gerai tersebut. Sigit menegaskan, semua masyarakat bisa datang ke gerai vaksin di kantor polisi terdekat.

"Masyarakat silakan datang yang belum vaksin. Cukup bawa KTP saja. KTP se-Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, gerai "Vaksin Presisi" ini merupakan langkah Polri mendukung program vaksinasi Covid-19 nasional untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity).

Target pemerintah yaitu memvaksin 181 juta jiwa.

Baca juga: Polri Belum Temukan Indikasi Penimbunan Tabung Oksigen

Presiden Joko Widodo sendiri menargetkan 1 juta vaksinasi per hari sampai akhir Juli 2021 dan mampu mencapai 2 juta vaksinasi per hari mulai Agustus 2021.

Jokowi mengatakan, upaya menekan penyebaran Covid-19 hanya dapat ditempuh melalui upaya bersama. Semua pihak diminta tidak ragu divaksin dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Saya mohon kepada bapak, ibu, saudara-saudara, kita semua untuk tidak ragu divaksin dan tetap berdisiplin protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan. Sekali lagi saya ingatkan, tinggalah di rumah selama tidak ada kebutuhan yang mendesak," kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/6/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.