Kompas.com - 20/05/2021, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyidik Kejaksaan Agung telah menerima hasil taksasi nilai barang bukti 36 lukisan berlapis emas milik tersangka korupsi PT Asabri, Jimmy Sutopo.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, sesuai surat dari Direktur Cemara 6 Galeri-Museum, puluhan lukisan tersebut ditaksir senilai Rp 109 miliar.

"Berdasarkan hasil proses pengamatan, penaksiran dan penilaian terhadap 36 ukisan emas milik tersangka JS, diperoleh taksiran penilaian senilai Rp 109.066.455.304," dalam keterangannya, Kamis (20/5/2021).

Leonard menyatakan, 36 lukisan lapis emas tersebut merupakan karya seniman Kim II Tae.

Baca juga: Geledah Apartemen Jimmy Sutopo, Kejagung Temukan 36 Lukisan Berlapis Emas

Lukisan tersebut disita penyidik dari hasil penggeledahan di apartemen Jimmy Sutopo di Apartemen Raffles Residence, Kuningan, Jakarta Selatan pada Maret lalu.

Dalam perkara dugaan korupsi di PT Asabri, Jimmy Sutopo ditetapkan sebagai tersangka selaku Direktur Jakarta Emiten Investor Relation.

Jimmy diduga ikut terlibat mengatur jual beli saham bersama Benny Tjokrosaputro selaku Direktur PT Hanson Internasional selama kurun waktu 2013 sampai 2019.

Kerugian negara dalam kasus korupsi PT Asabri ditaksir mencapai Rp 23,73 triliun. Saat ini penyidik Kejaksaan Agung sudah mulai melaksanakan proses klarifikasi penghitungan kerugian keuangan negara bersama auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.