Satgas Covid-19: Pemudik Balik dari Daerah Zona Merah dan Oranye, Diminta Karantina Mandiri

Kompas.com - 18/05/2021, 07:40 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Doni Monardo saat mengunjungi Pelabuhan Merak, Banten. KOMPAS.COM/RASYID RIDHOKetua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Doni Monardo saat mengunjungi Pelabuhan Merak, Banten.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan masyarakat yang baru kembali dari wilayah zona merah atau oranye Covid-19 melakukan karantina mandiri di kediaman.

Langkah ini dilakukan demi mencegah lonjakan kasus virus corona pasca libur Lebaran.

"Kepada seluruh pimpinan, kepada seluruh komunitas, untuk mengingatkan mereka yang kembali dari daerah-daerah zona merah dan zona oranye mohon berkenan untuk melakukan karantina mandiri di kediaman," kata Doni dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Antusiasme Pemudik Ikuti Tes Swab Antigen di Pos Penyekatan: Mending di Sini, Gratis

Belajar dari pengalaman, kata Doni, setiap libur panjang usai kasus Covid-19 pasti mengalami peningkatan, baik kasus aktif, kematian, hingga keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan.

Umumnya, kasus aktif meningkat pada kisaran 78-119 persen. Sementara, kenaikan angka kematian mencapai 46-75 persen.

Doni tak ingin hal ini terulang kembali akibat masyarakat tak mampu mengontrol diri untuk melakukan pencegahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Oleh karenanya yang perlu kita perhatikan sekarang adalah bagaimana agar kasus ini tidak melonjak. Satu faktor utamanya adalah melakukan program karantina secara mandiri bagi mereka yang kembali dari berpergian," ujarnya.

Baca juga: Doni Monardo: Hampir Semua Wilayah Pulau Sumatera Zona Merah dan Oranye Covid-19

Doni mengimbau masyarakat patuh pada imbauan-imbauan yang disampaikan pemerintah pusat dan daerah juga tokoh-tokoh daerah terkait karantina mandiri.

Posko penanganan Covid-19 selama 1-2 minggu ke depan juga diminta melakukan pengawasan pada masyarakat yang baru kembali dari bepergian.

"Kita lakukan doa bersama sebagaimana tadi juga yang disampaikan oleh Pak Presiden, mari kita berdoa semoga kasus aktif di negara kita tidak meningkat," kata Doni.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.