Kompas.com - 20/04/2021, 15:31 WIB
Kepala Staf Presiden, Moeldoko, dalam sesi wawancara di ruang kerjanya, Senin (11/1/2021). KOMPAS.com/RODERICK ADRIANKepala Staf Presiden, Moeldoko, dalam sesi wawancara di ruang kerjanya, Senin (11/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berharap, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dapat menjadi pusat kajian peradaban. Ia ingin masyarakat memiliki koneksi ilmiah melalui kampus ini.

"Berarti ini bisa bukan hanya Islam yang dipikirkan, tetapi bagaimana mengoneksikan Islam dengan dunia luar, itu," ujar Moeldoko, saat berkunjung ke Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jawa Barat, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Basuki Targetkan Konstruksi UIII Tahap 2 Tuntas Akhir Juni 2021

Moeldoko menuturkan, Indonesia memiliki warisan peradaban dan kebudayaan yang tinggi. Beberapa warisan itu antara lain, Candi Borobudur, wayang kulit, hingga keris. 

Namun ia menilai, peradaban bangsa saat ini justru mengalami kemunduran. 

"Ini kita harus mengekplorasi lagi kenapa bangsa dulu itu peradabannya begitu tinggi. Kok sekarang seperti mundur gimana ceritanya ini," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut mantan Panglima TNI itu, kemunduran peradaban Bangsa Indonesia terjadi karena kerap kali dibenturkan dengan ajaran tertentu. 

"Aneh, kita sekarang ini menghadapi sebuah rongrong-an. Dikit-dikit (dibilang) wah ini tidak sesuai dengan ajaran. Dikit-dikit ini tidak sesuai dengan ajaran. Ini apa-apaan," kata Moeldoko. 

Baca juga: Basuki Targetkan Kampus UIII Rampung Akhir 2020

Selain itu, Moeldoko menambahkan, UIII merupakan proyek nasional strategis yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Oleh karena itu, ia menekankan,  apa pun yang menghambat perkembangan kampus ini harus segera diselesaikan. Ia meminta seluruh pihak yang berkaitan dengan proyek ini untuk fokus menyelesaikan tugas.

"Apa pun hambatannya kita ratakan. Enggak ada cerita terlambat, enggak ada cerita terhambat," tutur dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.