Kompas.com - 02/03/2021, 14:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Doni Monardo mengatakan, dalam satu tahun terakhir, mayoritas kasus kematian akibat Covid-19 berasal dari kelompok usia di atas 47 tahun dengan penyakit komorbid atau penyerta.

"Terdapat 5 persen mereka yang wafat ini adalah kelompok usia di atas 47 tahun, dengan komorbid, dan risiko yang lebih tinggi lagi mereka yang memiliki komorbid lebih dari satu," kata Doni dalam acara "Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi, Selasa (2/3/2021).

Doni juga mengatakan, 92 persen angka kematian akibat Covid-19 di Jawa Timur berasal dari pasien yang memiliki penyakit komorbid, terutama diabetes.

"Para periset dapat menggali data lebih dalam dari Satgas untuk bisa membantu berupaya agar angka kematian kita tidak semakin bertambah," ujarnya.

Baca juga: Mengenal Komorbid dan Pengaruhnya terhadap Infeksi Covid-19

Lebih lanjut, Doni mengatakan, total jumlah pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 36.325 kasus.

Namun, menurut Doni, angka mortalitas di Indonesia lebih baik daripada di negara-negara lain di dunia.

"Walaupun kalau kita bandingkan dengan salah satu negara di dunia, di mana angka kematiannya mencapai angka tertinggi yaitu 527.000 jiwa. Padahal, negara tersebut memiliki semua kemampuan kekuatan sumber daya anggaran yang besar, tapi nyatanya angka kematian mencapai 20-25 persen dari angka kematian global," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.