Ketua Ombudsman Baru Minta Jajarannya Jaga Kekompakan

Kompas.com - 22/02/2021, 23:26 WIB
Foto tangkapan layar Presiden Joko Widodo melantik anggota Ombudsman RI masa jabatan 2021-2026 di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2/2021). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaFoto tangkapan layar Presiden Joko Widodo melantik anggota Ombudsman RI masa jabatan 2021-2026 di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2/2021).
Penulis Devina Halim
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Ombudsman RI masa jabatan 2021-2026, Mokh Najih, meminta agar jajarannya menjaga kekompakan selama bertugas.

Menurutnya, tantangan Ombdusman selama lima tahun ke depan tidaklah ringan sehingga membutuhkan kekompokan internal selain dukungan dari seluruh pihak.

"Kami memohon dukungan dari insan Ombudsman RI dalam melaksanakan tugas-tugas Ombudsman serta melaksanakan legacy yang ditinggalkan oleh pimpinan sebelumnya,” kata Najih saat upacara serah terima jabatan (sertijab) dengan pimpinan Ombudsman periode 2016-2021, melalui keterangannya, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Surati Presiden hingga Ketua DPR, Ombudsman Sarankan Langkah Mitigasi Terkait Kasus Gagal Bayar Jiwasraya

Adapun upacara sertijab itu dilakukan setelah pimpinan Ombudsman periode 2021-2026 mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin hari ini.

Selain Najih, anggota Ombudsman baru lainnya yang dilantik yakni, Bobby Hamzar Rafinus, Dadan Suparjo Suharmawijaya, Hery Susanto, Indraza Marzuki Rais, Jemsly Hutabarat l, Johanes Widijantoro, Robertus Na Endi Jaweng, dan Yeka Hendra Fatika.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Ombudsman periode 2016-2021, Lely Pelitasari Soebekty, meminta pimpinan baru dapat meneruskan agenda strategis Ombudsman yang belum terselesaikan.

“Mohon jaga Ombudsman dengan segenap integritas,” ucap Lely.

Baca juga: Jokowi Lantik Anggota Ombudsman RI Masa Jabatan 2021-2026, Ini Nama-namanya

Adapun sebelum dilantik, kesembilan pimpinan Ombudsman baru ini telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar DPR RI dan mendapat persetujuan dari Parlemen.

Nama-nama anggota Ombudsman terpilih kemudian ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia Masa Jabatan Tahun 2021-2026.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X