Kompas.com - 18/01/2021, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta para pengusaha besar tak mementingkan usaha mereka sendiri.

Dalam mengembangkan usaha, para pengusaha besar diminta ikut melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan level usaha kelompok ini.

"Usaha besar tidak boleh hanya mementingkan perusahaannya sendiri, dirinya sendiri," kata Jokowi dalam acara penandatanganan komitmen PMA dan PMDN dengan UMKM di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Jokowi Minta Kerja Sama UMKM dengan Perusahaan Besar Bisa Beri Kontribusi Signifikan Terhadap Perekonomian Nasional

"Tolong dilihat lingkungannya ada usaha menengah, ada usaha kecil, ada usaha mikro, libatkan dalam kegiatan kegiatan perusahaan, sehingga akan mengangkat usaha-usaha itu menjadi naik levelnya," tutur dia. 

Jokowi meminta adanya pola relasi yang saling menguntungkan antara usaha besar dengan UMKM.

Para pelaku UMKM diminta banyak belajar dari eksportir yang umumnya sudah terbiasa dengan harga kompetitif, kualitas produk yang baik, hingga pengiriman yang tepat waktu.

Sebaliknya, para eksportir diminta bersedia melibatkan pelaku UMKM.

"Semuanya harus untung. Nggak bisa yang gede suruh rugi, yang UKM suruh untung, nggak, semuanya harus untung," ujar dia.

Baca juga: Senin Pagi, Jokowi Akan Bertolak ke Kalimantan Selatan Tinjau Banjir

Terkait hal ini, Jokowi mengaku bahwa pemerintah akan terus berupaya membangun ekosistem yang kondusif supaya tercipta kolaborasi antara usaha besar dengan UMKM saling menguntungkan.

Kemitraan usaha besar dan UMKM, kata dia, sangat penting agar UMKM bisa masuk dalam rantai produksi global atau global value chain.

"Yang mikro naik kelas ke yang kecil, yang kecil naik ke yang menengah, dan yang menengah kita harapkan bisa naik kelas ke yang besar. Dan juga meningkatkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif," kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.