Kompas.com - 18/01/2021, 10:16 WIB
Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata dan Wakil Ketua KY M Taufiq HZ memberikan sambutan usai pemilihan ketua dan wakil ketua KY, Senin (18/1/2021). Youtube.com/Komisi YudisialKetua KY Mukti Fajar Nur Dewata dan Wakil Ketua KY M Taufiq HZ memberikan sambutan usai pemilihan ketua dan wakil ketua KY, Senin (18/1/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mukti Fajar Nur Dewata dan M Taufiq HZ terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua Komisi Yudisial periode Januari 2021-Juni 2023.

Mukti dan Taufiq terpilih melalui pemungutan suara yang diikuti tujuh anggota Komisi Yudisial periode 2020-2025 dalam rapat pleno yang digelar pada Senin (18/1/2021).

"Calon Ketua Komisi Yudisial terpilih berdasarkan suara terbanyak adalah saudara Profesor Doktor Mukti Fajar Nur Dewata," kata ketua sementara KY M Taufiq HZ dalam rapat pleno yang disiarkan melalui akun YouTube Komisi Yudisial.

Baca juga: Mantan Hakim hingga Akademisi, Ini 7 Anggota KY Masa Jabatan 2020-2025

Dalam pemilihan Ketua KY, Mukti memperoleh empat suara mengungguli Amzulian Rifai yang memperoleh tiga suara dan Joko Sasmito yang tidak memperoleh suara.

Dari tujuh anggota KY, hanya Mukti, Amzulian, dan Joko yang bersedia untuk dicalonkan sebagai Ketua KY.

Selanjutnya, dalam pemilihan Wakil Ketua KY, Taufiq memperoleh empat suara mengungguli Binziad Khadafi yang memperoleh tiga suara dan Joko yang tidak memperoleh suara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: KY Gelar Tahap Wawancara Calon Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi

Adapun, dari tujuh anggota KY, hanya Joko, Binziad, dan Taufiq yang bersedia dicalonkan sebagai Wakil Ketua KY.

Tujuh anggota KY pada periode 2020-2025 adalah Joko Sasmito, M Taufiq HZ, Sukma Violetta, Binziad Kadafi, Amzulian Rifai, Mukti Fajar Nur Dewata dan Siti Nurdjanah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.