Megawati Puji China, Paling Awal Beri Bantuan untuk RI Saat Pandemi Covid-19

Kompas.com - 24/11/2020, 09:38 WIB
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam perayaan Hari Ulang Tahun(HUT) ke-47 PDIP sekaligus Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1/2020). Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam perayaan Hari Ulang Tahun(HUT) ke-47 PDIP sekaligus Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1/2020).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, memuji China sebagai salah satu negara yang aktif memberikan bantuan untuk Indonesia saat pandemi Covid-19.

Menurut Megawati, di saat negara lain sibuk dengan urusan masing-masing, China telah membantu paling awal soal Covid-19.

"Saat awal pandemi, di mana masing-masing negara sibuk dengan persoalan dalam negeri, Tiongkok (China) terlebih dahulu memberi bantuan yang konstruktif," kata Megawati saat menyampaikan pidato dalam Understanding China Conference 2020, dikutip dari keterangan pers, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Bantah Isu DO, Megawati: Saya Tidak Boleh Kuliah di Zaman Pak Harto

Megawati memandang hubungan Indonesia dan China bagai pertemuan yang sudah ditakdirkan.

Ia mengatakan, Indonesia dan China merupakan negara yang sama-sama pernah dijajah negara lain dan saat ini terus bangkit.

"Indonesia dan Tiongkok adalah dua negara yang telah dipertemukan oleh takdir yang sama. Sebagai negara pernah terjajah yang berjuang dengan upaya sendiri untuk lepas dari penajajahan," ucapnya.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu pun mengapresiasi respons cepat Pemerintah China dalam penanganan dampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Megawati: Anak-anak Muda Kenapa Lebih Percaya Hoaks?

Ia menyebut kekuatan yang dimiliki China tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri, tetapi juga menguntungkan negara lain lewat berbagai kerja sama.

Megawati berharap China dapat terus menjalin diplomasi damai dengan berbagai negara.

"Kekuatan Tiongkok di kancah global sejak zaman kerajaan mengedepankan kerja sama saling menguntungkan dan menghormati satu sama lain," ujar Megawati.

Baca juga: Megawati: Jakarta Seharusnya City of Intellect, Ini Jadinya Amburadul...



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X