Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2020, 12:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Zaky Anshary mengatakan, jemaah umrah asal Indonesia merupakan rombongan kedua yang tiba di Arab Saudi setelah umrah dibuka kembali. 

"Rombongan Indonesia adalah rombongan ke-2 yang datang setelah Pakistan. Pesawat perdana dari Indonesia tiba pukul 18.16 waktu Saudi," kata Zaky saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Sudah Sampai Mekkah, Seperti Apa Keberangkatan Jemaah Umrah Perdana Asal Indonesia di Masa Pandemi?

Menurut dia, Indonesia dan Pakistan merupakan dua negara yang diperbolehkan umrah saat negara lain belum diizinkan.

Rombongan Pakistan tiba di Arab Saudi lebih cepat empat jam sebelumnya yaitu Minggu (1/11/2020) sekitar pukul 14.00 waktu Saudi.

"Informasi dari petugas Airport Jeddah baru dua negara yang bisa masuk ke Saudi. Pakistan datang di hari Minggu sekitar jam 14.00 waktu Saudi (Dhuhur) dan Indonesia datang di jam 18.16 di tanggal yang sama," papar dia. 

Saat tiba pada Minggu (1/11/2020), jemaah asal Indonesia langsung disambut oleh Konjen RI Jeddah Eko Hartono dan Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Djumali.

Ia juga mengatakan, semua jemaah sudah menerapkan protokol kesehatan selama berada di bandara maupun di pesawat.

"Sesuai protokol kesehatan, pesawat tidak diisi penuh dan jika ada yang melepas masker langsung ditegur," kata dia. 

Berdasarkan laporannya, ada 317 jemaah yang didominasi oleh owner travel agent pada keberangkatan umrah Minggu (1/11/2020).

Baca juga: Ada Jemaah Umrah Batal Berangkat karena Visa dan Hasil Swab Test Telat

Sebelumnya, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim memastikan, rombongan pertama jemaah umrah Indonesia sudah bisa bertolak ke Jeddah, Arab Saudi.

Ini merupakan rombongan pertama setelah penyelenggaraan umrah dihentikan sementara karena situasi pandemi virus corona di seluruh dunia sejak Februari 2020.

Salah satu persyaratan jemaah umrah bisa terbang ke Arab Saudi adalah memiliki hasil swab test negatif yang berlaku 72 jam sebelum keberangkatan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.