Kompas.com - 02/10/2020, 16:14 WIB
Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi Novrizal menyampaikan lima tingkatan konsep perubahan perilaku yang diusung Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jumat (2/10/2020).
DOK. Humas BNPB Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi Novrizal menyampaikan lima tingkatan konsep perubahan perilaku yang diusung Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jumat (2/10/2020).

KOMPAS.com - Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Novrizal menyatakan ada lima tingkatan dalam konsep perubahan perilaku yang diusung BKKBN.

"Lima konsep ini nantinya berperan aktif dalam melaksanakan Penyuluhan/Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Protokol Kesehatan Covid-19 kepada masyarakat," kata Novrizal.

Novrizal sendiri mengatakan itu saat mengisi web seminar (webinar) Kick Off “Sosialisasi Strategi Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19” yang diselenggarakan Sub Bidang (Subbid) Sosialisasi dan Satgas Covid-19 secara live di Youtube BKKBN, Jumat (2/10/2020)

Lebih lanjut Novrizal menjelaskan 5 konsep tingkatan tersebut. Pertama adalah memainkan peran media.

"Ini sangat penting, mengingat media berperan besar sebagai promosi selama kegiatan tengah berlangsung," kata dia.

Kedua, lanjut dia, bagaimana membuat masyarakat bisa paham tentang perubahan gaya hidup new normal.

Baca juga: Satgas Covid-19 Kembangkan Masker Khusus untuk Daerah Zona Merah

“Hal ini juga perlu didukung dengan program spesifik, seperti konseling keluarga, terutama yang dianggap rentan tertular Covid-19,” kata Novrizal.

Ketiga, lanjut dia, bertindak langsung berdasarkan kepatuhan melalui praktik perilaku yang didasarkan pada edukasi. Apabila masyarakat sudah mulai patuh, maka nanti muncul kebiasaan yang jadi konsistensi.

Sementara itu, konsep tingkatan yang kelima adalah membangun sebuah model.

“Kami ingin membangun model yang dapat menjadi contoh baik, kalau perlu bisa jadi pejuang lapangan yang tangguh untuk kepentingan sosialisasi ke depan,” ujar Novrizal mantap.

Baca juga: Galakkan Protokol Kesehatan, Satgas Covid-19 Gandeng BKKBN sebagai Garda Terdepan

Adapun lima tingkatan konsep perubahan perilaku tersebut diusung BKKBN karena lembaga pemerintah nonkementerian digandeng Satgas Penanganan Covid-19, sebagai garda terdepan dalam Strategi Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X