Kompas.com - 02/10/2020, 15:04 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi menyampaikan upaya dalam memerangi Covid-19 lewat webinar, Jumat (2/10/2020).
DOK. Humas BNPB Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi menyampaikan upaya dalam memerangi Covid-19 lewat webinar, Jumat (2/10/2020).

KOMPAS.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memberikan amanah kepada Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai garda terdepan dalam Strategi Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

“Kenapa kami tempatkan BKKBN sebagai garda terdepan? Ya, karena mereka punya historis keberhasilan yang luar biasa,” ujar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi, Jumat (2/10/2020).

Pasalnya, lanjut dia, BKKBN mampu mengubah pola pikir masyarakat tentang program Keluarga Berencana (KB) yang sudah terlaksana sebelumnya.

Pernyataan tersebut Sonny sampaikan saat mengisi web seminar (webinar) Kick Off “Sosialisasi Strategi Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19” yang diselenggarakan Sub Bidang (Subbid) Sosialisasi dan Satgas Covid-19 secara live di Youtube BKKBN.

Baca juga: Tim Satgas Covid-19 Bakal Sidak Perkantoran, Satpol PP: Yang Bandel Akan Ditutup 3x24 Jam

Oleh karenanya, Sonny memohon sangat bantuan dan dukungan teman-teman Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) BKKBN untuk bersama melakukan kampanye Penyuluhan/Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat.

“Tujuannya agar masyarakat dapat teredukasi lebih baik lewat 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Karena itu, kami membutuhkan PKB yang memiliki kemampuan edukasi terpercaya,” kata Sonny.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi BKKBN, Novrizal turut mengapresiasi ajakan Satgas Penanganan Covid-19 dalam menggerakkan strategi perubahan perilaku protokol kesehatan.

Baca juga: Satgas Covid-19: Swab Antigen Bisa Gantikan Rapid Test Antibodi

Ia menyatakan BKKBN pun siap menjalankan strategi perubahan perilaku pada masyarakat dengan baik.

Apalagi badan hukum ini pernah mencapai keberhasilan dalam mengubah paradigma keluarga dan masyarakat tentang program-program sebelumnya.

Untuk itu, Novrizal menilai program berkelanjutan antara Satgas Penanganan Covid-19 dan BKKBN akan berjalan lancar.

“BKKBN berusaha memberikan yang terbaik untuk gugus tugas penanggulangan Covid-19 secara nasional,” kata Novrizal.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sebut Resistensi Warga Bikin Tracing Jadi Sulit

Sebagai informasi, turut hadir dalam webinar tersebut Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal (Letjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Doni Monardo, dan Deputi Deputi Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) BKKBN, Dwi Listyawardani.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X