Jenderal Idham Azis Sebut Polri Surplus 213 Pati dan 288 Kombes

Kompas.com - 30/09/2020, 18:03 WIB
Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis saat pelepasan tim evakuasi warga negara Indonesia yang bekerja di kapal Diamond Princess di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (28/2/2020). Pemerintah mengevakuasi 68 WNI di Kapal Diamond Princess yang kini berada di Yokohama, Jepang, terkait merebaknya virus corona . KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOKapolri, Jenderal Polisi Idham Azis saat pelepasan tim evakuasi warga negara Indonesia yang bekerja di kapal Diamond Princess di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (28/2/2020). Pemerintah mengevakuasi 68 WNI di Kapal Diamond Princess yang kini berada di Yokohama, Jepang, terkait merebaknya virus corona .

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan, terdapat surplus atau kelebihan jumlah personel pada pangkat Komisaris Besar ( Kombes) dan Perwira Tinggi ( Pati) di lingkungan Polri.

"Kombes sampai Pati terdapat kelebihan personel, Kombes surplus 288 dan dan Pati surplus 213 orang," kata Idham dalam rapat kerja Komisi III secara virtual, Rabu (30/9/2020).

Kendati demikian, Idham mengatakan, meski terdapat surplus di Kombes dan Pati, Polri kekurangan personel pada golongan I Tamtama hingga AKBP sebanyak 255.990 personel.

Baca juga: Marah Anak Buahnya Pakai Helikopter, Kapolri: Kalau Masih Boleh, Saya Tempeleng!

"Pangkat Tamtama sampai AKBP mendapat kekurangan 255.990 personel," ujarnya.

Sementara itu, menurut Idham, jumlah polisi di Indonesia saat ini sebanyak 416.414 orang.

Jumlah tersebut belum memenuhi daftar susunan personel (DSP) sebanyak 685.428 orang.

Baca juga: Kapolri Rotasi Jabatan Sejumlah Pati dan Pamen di Polri

Oleh karenanya, ia akan berupaya menutup kekurangan dan kelebihan jumlah personel tersebut.

"Upaya yang telah dilakukan diantaranya menambahkan jabatan fungsional, promosi jabatan terbuka, menerapkan penilaian 13 komponen, hingga merancang perkab tentang menajemen dan standar SDM Polri," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X