Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2020, 14:54 WIB
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap pariwisata di kawasan Sulawesi Utara semakin berkembang dengan dengan adanya Tol Manado-Bitung.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meresmikan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (29/9/2020).

"Kita harapkan pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik lagi nanti setelah berakhirnya pandemi yang kita hadapi sekarang ini," kata Jokowi.

Baca juga: Tol Manado-Bitung Dibuka Fungsional Selama Natal dan Tahun Baru

Jokowi khususnya menyoroti kawasan strategis pariwisata di tiga daerah, yakni Manado-Bitung-Likupang.

Ia ingin agar pariwisata di tiga daerah itu nantinya ramai didatangi baik oleh wisatawan. Sebab, akses ke lokasi pariwisata akan lebih mudah setelah adanya jalan tol.

"Termasuk akses ke pulau Lembeh semakin mudah dijangkau," sambungnya.

Selain pariwisata, Jokowi melihat Sulawesi Utara juga memiliki banyak potensi ekonomi lainnya yang akan terbantu dengan keberadaan tol ini.

Baca juga: Dibuka 2020, Begini Kondisi Terbaru Tol Manado-Bitung


Misalnya ada industri perikanan, pertanian dan perkebunan.

Lalu ada juga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung yang diyakini bisa menarik minat banyak investor.

"Kawasan ekonomi khusus Bitung juga dapat dikembangkan lebih maju. Ini saya kira nanti tugasnya gubernur untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya ke KEK di Bitung," katanya.

Mengutip data Kementerian PUPR, Jalan Tol Manado-Bitung dirancang sepanjang 39,9 kilometer.

Jalan bebas hambatan tersebut dibangun dalam dua seksi, yaitu seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 kilometer dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Baca juga: Pembangunan Proyek Tol Manado-Bitung Terkendala Sengketa Lahan

Sedangkan, seksi 2 Air Madidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.

Untuk seksi 2, Tol Air Manado-Bitung ini dibangun menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 6,19 triliun.

Dukungan pemerintah untuk pembiayaan konstruksi seksi 1 sebesar Rp 3 triliun, merupakan instrumen untuk meningkatkan kelayakan investasi jalan tol Manado-Bitung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.