Kemendagri: Dukcapil Tak Mau Beratkan Tugas RT/RW

Kompas.com - 17/08/2020, 18:18 WIB
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh saat ditemui wartawan di kantornya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariDirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh saat ditemui wartawan di kantornya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pihaknya saat ini tak mau memberatkan tugas RT/RW dengan melayani administrasi kependudukan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Zudan dalam acara Dukcapil Sapa Masyarakat dalam rangka HUT ke-75 RI secara daring, Senin (17/8/2020).

Ia merespons pertanyaan tentang warga yang bandel dalam mengurusi persoalan administrasi kependudukan

"Tugas RT sekarang kami ringankan, Dukcapil tak mau memberatkan tugas RT/RW karena mereka bukan untuk melayani administrasi kependudukan karena tugasnya lebih banyak tugas sosial, kemasyarakatan, dan silaturahmi," ujar Zudan.

Baca juga: Mendagri: Data Kependudukan Dukcapil untuk Acuan Pembangunan hingga Penegakan Hukum

Oleh karena itu, apabila ada masyarakat yang datang ke RT/RW, kata dia, seharusnya mereka datang dalam rangka silaturahmi.

Hal tersebut karena pihaknya ingin memberikan langkah mudah bagi RT/RW dalam melakukan tata kelola admisintrasi kependudukan warga.

"Tugas utama mereka (RT/RW) adalah menjaga kerukunan sosial, karena dia rukun warga dan tetangga. Administrasi kependudukan, biar ditangani Dinas Dukcapil," kata Zudan.

Baca juga: Dampak Kasus Djoko Tjandra, Dukcapil Masukkan Data DPO ke Database Kependudukan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X