Ikut Upacara Bendera, Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat Melayu

Kompas.com - 17/08/2020, 10:58 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin dan istrinya Wurry Maruf Amin mengenakan pakaian adat Melayu dan baju kurung modern sebelum melaksanakan upacara peringatan HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dok. KIP/SetwapresWakil Presiden Maruf Amin dan istrinya Wurry Maruf Amin mengenakan pakaian adat Melayu dan baju kurung modern sebelum melaksanakan upacara peringatan HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya sebagai Wakil Presiden, Ma'ruf Amin mengikuti upacara pengibaran bendera memperingati hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Dikutip dari siaran pers Sekretariat Wakil Presiden, dalam upacara pertamanya itu, Wapres Ma'ruf Amin tampak mengenakan pakaian adat Melayu Indonesia berwarna hitam.

Ia juga didampingi oleh sang istri, Wury Ma'ruf Amin yang mengenakan baju kurung modern dan songket tabur.

Baca juga: Seskab: Indonesia Bisa Berhasil Lewati Pandemi dan Jadi Negara Maju

Upacara peringatan HUT RI kali ini digelar secara berbeda dengan keterbatasan peserta akibat adanya pandemi Covid-19.

Presiden dan Wakil Presiden Indonesia sebelumnya serta peserta lainnya mengikuti upacara tersebut secara virtual.

Mereka juga diharuskan mengenakan pakaian adat Indonesia, sebagaimana upacara 17 Agustus sebelumnya. Termasuk, Presiden Joko Widodo yang mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: HUT Ke-75 RI, Apa Kata Generasi Muda soal Kemerdekaan?

Meskipun dalam keterbatasan, akan tetapi upacara yang dipimpin langsung Presiden Jokowi sebagai Inspektur Upacara berlangsung lancar dengan khidmat.

Sebelumya, Wapres Ma'ruf Amin dalam khutbah shalat Jumat pada 14 Agustus 2020 menyampaikan bahwa kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia merupakan berkat dan rahmat Allah SWT melalui kegigihan perjuangan para pahlawan bangsa.

"Dengan semangat juang dan semangat kesatuan dan persatuan, kita jadikan sebagai landasan utama di dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan yang sejahtera," kata dia.

Baca juga: Upacara Bendera, Jokowi Pakai Baju Adat Timor Tengah Selatan NTT

Ia pun berharap semangat para pejuang itu dijadikan landasan bangsa Indonesia untuk melawan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Diketahui, sebelum menghadiri upacara peringatan HUT ke-75 RI, Wapres Ma'ruf Amin juga menghadiri acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada pukul 00.00 WIB.

Rencananya, ia juga akan menghadiri upacara penurunan bendera merah putih yang digelar pada sore hari.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X