Jokowi: Saatnya Bajak Momentum Krisis untuk Lakukan Lompatan-lompatan Besar

Kompas.com - 14/08/2020, 10:05 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri sidang tahunan MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) pagi. YouTube Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo menghadiri sidang tahunan MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa semua negara sedang mengalami kemunduran karena terpapar Covid-19, termasuk Indonesia.

Menurut Jokowi, krisis ekonomi menyebabkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi minus 5,32 persen pada kuartal kedua 2020.

Namun, Jokowi bersyukur karena banyak mendapat dukungan dari para ulama, pemuka agama, dan tokoh budaya untuk menjadikan musibah pandemi Covid-19 untuk melakukan sebuah lompatan besar.

"Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar," ujar Jokowi, dalam Sidang Tahunan MPR, Jumat (14/8/2020).

"Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan,termasuk kesehatan dan pendidikan," kata dia.

Baca juga: LIVE STREAMING: Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR

Bahkan, Jokowi berharap krisis kesehatan akibat Covid-19 ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk melangkah jauh ke depan.

Apalagi, negara lain juga mengalami kemunduran, bahkan ekonominya minus hingga 17 persen.

"Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, pada usia ke-75 pada 17 Agustus mendatang, Indonesia telah menjadi negara dengan pendapatan menengah ke atas.

Dia pun berharap Indonesia bisa menjadi negara maju dalam 25 tahun mendatang.

"Pada seusia seabad Republik Indonesia, kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia negara maju," kata Jokowi.

Baca juga: Hadiri Sidang Tahunan, Jokowi Pakai Baju Adat NTT



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X